Kesanga Festival II
Wali Kota Denpasar, I.G.N Jaya Negara menyerahkan penghargaan kepada para juri yang terlibat dalam Kesanga Festival II berlokasi di Kantor Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, Kamis (28/3/2024). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kasanga Festival Kota Denpasar II Caka 1946 Tahun 2024 yang telah berlangsung selama tiga hari pada tanggal 1-3 Maret lalu telah berlangsung sukses. Kesuksesan gelaran tersebut mengundang decak kagum dan apresiasi dari berbagai pihak, salah satunya Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara dan Wakil Wali Kota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa. Hal tersebut terungkap saat rapat evaluasi yang di rangkai dengan syukuran atas suksesnya pelaksanaan Kesanga Festival yang digelar di Kantor Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, Kamis (28/3/2024).

Wali Kota Jaya Negara pada acara tersebut mengatakan, rapat evaluasi dan syukuran ini digelar bukan semata-mata untuk mensyukuri kesuksesan festival tersebut. Melainkan yang lebih penting adalah bahwa event kebudayaan dan kesenian Kota Denpasar telah mampu tampil secara maksimal dan diterima di masyarakat.

Baca Juga :  Sasar Penyandang Disabilitas dan Lansia, Wawali Arya Wibawa Salurkan Paket Sembako Dari Kementerian Sosial

“Meskipun dalam pelaksanaan masih ada beberapa hal yang patut dievaluasi tetapi secara keseluruhan pelaksanaan Kesanga Festival patut mendapat apresiasi tinggi dari berbagai kalangan,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Wali Kota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa, pihaknya mengajak generasi muda untuk terus berkarya dan bersama-sama membangun Kota Denpasar yang kita cintai ini. Hal ini mengingat kreativitas adalag kunci dalam menciptakan kemajuan.

“Rasa bangga kami haturkan dan sangat mengapresiasi kekompakan pasikian yowana Kota Denpasar, mungkin kekompakan ini bisa menjadi barometer untuk event berskala besar berikutnya,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Jaya Negara dan Wakil Wali Kota Arya Wibawa mengucapkan terima kasih atas dedikasi pemuda Kota Denpasar khususnya yang tergabung dalam Pasikian Yowana Kota Denpasar yang telah bersama-sama menyukseskan event tersebut serta senantiasa menjaga kebudayaan dan kesenian di Kota Denpasar dan Bali pada umumnya.

Baca Juga :  Tingkatkan Kesehatan Penderita TB, Pemkot Denpasar Serahkan Sembako

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, Raka Purwantara mengatakan, terkait pelaksanaan Kesanga Festival sudah berjalan dengan baik dan mendapat apresiasi berbagai pihak. Namun, tentu perlu ada evaluasi serta masukan dan saran dari pemuda-pemudi yang tentunya ke depan pelaksanaan lebih baik lagi.

“Nanti di bulan Oktober  kita akan adakan FGD, disana kita menerima masukan dan saran agar semua memahami kriteria sehingga di event selanjutnya bisa lebih maksimal dan memiliki kesamaan persepsi,” ujarnya.

Sementara, Ketua Pasikian Yowana Denpasar, A.A Made Angga Harta Yana mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Denpasar yang telah memfasilitasi Kesanga Festival dengan sangat baik. Dalam kesempatan tersebut pihaknya juga meminta maaf atas segala hal yang mungkin tidak berkenan dan ke depan akan terus di evaluasi sehingga event yang ditunggu-tunggu masyarakat ini bisa terlaksana dengan baik ke depannya.

Baca Juga :  Dibuka Antari Jaya Negara, Libatkan Dua Narasumber TP PKK dan WHDI Denpasar Gelar Pelatihan Tata Rias dan Sanggul Bali

“Pemkot Denpasar memang betul-betul hadir dan duduk bareng bersama kami, hal ini tentu menambah semangat kami untuk membuat event lebih baik lagi kedepannya. Akan banyak kejutan di Kesanga Fest berikutnya,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan sertifikat Warisan Budaya Tak Benda yang diperoleh Banjar Lebah Denpasar dengan Tarian Baris Kekupu dan juga kepada keluarga I Gusti Made Deblog atas lukisan beliau. Disamping itu juga diserahkan penghargaan kepada para juri yang terlibat di dalam Kesanga Festival.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News