Nyamuk
Ilustrasi. Nyamuk. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Kasus DBD di Kabupaten pada bulan Maret 2024 mengalami lonjakan cukup signifikan jika dibandingan angka kasus pada bulan-bulan sebelumnya.

Berdasarkan data yang diperoleh, terhitung dari tanggal 1 hingga 18 Maret 2024 lalu jumlah kasus DBD mencapai 57 kasus. Jumlah tersebut meningkat jika dibandingkan kasus pada bulan Februari yang hanya mencapai 32 kasus dan pada bulan Januari sebanyak 20 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama kepada wartawan baru-baru ini membenarkan lonjakan kasus DBD tersebut. Menurutnya, lonjakan ini terjadi kungkinan karena pengaruh perubahan cuaca mengingat saat ini Karangasem sedang memasuki musim penghujan.

“Total kasus sepanjang tahun 2024 sebanyak 109 kasus per 18 Maret lalu. Untuk mengantisipasi kasus DBD terus meningkat, kita mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk. Sementara di lingkungan yang terdapat kasus, kami juga sudah laksanakan foging untuk membunuh nyamuk,” ujarnya.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News