Melasti
Jalan Kaki Sejauh 5 Kilometer, Ribuan Umat Hindu Iringi Upacara Melasti Karya Ida Bhatara Turun Kabeh. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Ribuan umat Hindu di Bali mengiringi upacara melasti serangkaian Karya Ida Bhatara Turun Kabeh (IBTK) tahun 2024 di Pura Agung Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem pada Jumat (22/3/2024).

Pada Karya IBTK tahun 2024 ini, upacara melasti atau mesucian dilaksanakan di Tegal Suci, Banjar Tegenan, Desa Menanga, Rendang, Karangasem ditempuh dengan berjalan kaki  sejauh 5 kilometer dari Pura Agung Besakih.

Bendesa Adat Besakih, selaku Ketua Panitia Karya, Jro Mangku Widiartha mengatakan, sejak pagi hari ribuan pamedek atau pengayah yang hendak mengikuti upacara melasti sudah berdatangan. Dalam upacara mesucian ini, ada sebanyak 20 jempana ida bhatara yang diiring ke lokasi mesucian.

“Upacara melasti ini ditempuh dengan berjalan kaki sejauh 5 kilometer, ada 20 jempana ida bhatara yang di iring menuju lokasi pesucian,” kata Widiarta.

Baca Juga :  Giliran Kantor Desa Budakeling Dibobol Maling

Untuk diketahui, upacara melasti ini merupakan rangkaian dari karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih, dimana puncak karya akan berlangsung pada Minggu (24/3/2024) mendatang bertepatan dengan rahina Purnama Kedasa.

Setelah puncak karya, ida bhatara akan nyejer selama 21 hari lamanya sebelum nantinya upacara penyineban akan dilaksanakan pada 14 April 2024.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News