Pendaki
Identitas Pendaki Meninggal di Lereng Gunung Agung Terungkap, Ternyata Bukan WNA. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan posisi seorang pendaki yang dikabarkan meninggal dunia di lereng Gunung Agung, Karangasem pada Rabu (13/3/2024).

Berdasarkan informasi yang diperoleh, identitas jenazah pendaki yang sempat diduga adalah seorang WNA tersebut terungkap bernama Alexander Bimo Haryotedjo (60) asal Desa Bongsari, Semarang Barat.

Posisi pendaki naas tersebut ditemukan pada ketinggian sekitar 2.800 mdpl dalam kondisi meninggal dunia. Belum diketahui secara pasti penyebab kematian pendaki tersebut, namun ada dugaan pendaki tersebut terserah hipotermia.

Sementara itu, saat ini Tim SAR sudah mulai turun mengevakuasi jenazah korban. Dalam proses evakuasi ini juga ada penambahan personel dari Kantor Basarnas Bali menuju Pos Pengubengan.

Baca Juga :  Pilkada Karangasem 2024 Telan Anggaran Rp60 Miliar

Sebelumnya, sebanyak 10 personel Pos SAR Karangasem terlibat dalam operasi SAR tersebut. Adapun unsur SAR lainnya yang terlibat diantaranya, Koramil Karangasem, Babinsa Rendang, SAR Samapta Polda Bali, Polres Karangasem, Polsek Rendang, BPBD Karangasem, potensi SAR dan pemandu lokal.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), I Nyoman Sidakarya melalui rilisnya mengungkaplan, bahwa pihaknya mendapat info awal melalui group potensi SAR yang menyatakan bahwa seorang pendaki WNA menemukan jenaaah, selanjutnya berkoordinasi dengan BPBD serta pemandu lokal setempat, akhirnya dipastikan informasi tersebut A1 pada pukul 19.00 WITA

Baca Juga :  Lalin di Depan Kantor Camat Selat Disebut Mirip Luar Negeri

“Tidak ada yang mengetahui kapan tepatnya korban memulai pendakian di Gunung Agung, karena sebenarnya sudah ada larangan untuk melakukan pendakian dari pemerintah setempat. Larangan tersebut berkenaan adanya upacara keagamanan Ida Batara Turun Kabeh,” kata Sidakarya dalam rilis tersebut.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News