DTIK Fest 2024
DTIK Fest Hadirkan Kontes Ikan Mas Koki Bali, Pelestarian Budaya di Era Digital. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Denpasar Teknologi Informasi dan Komunikasi Festival (DTIK Fest) 2024 tak hanya menyajikan inovasi di dunia digital, tetapi juga menghadirkan inovasi dalam pelestarian budaya. Salah satu wujudnya adalah Kontes Ikan Mas Koki Bali yang berkolaborasi dengan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan, bertempat di Area Pergola Graha Sewaka Dharma pada Sabtu (23/3/2024) pagi.

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara mengapresiasi pelaksanaan kontes ini. “Senang bisa berkunjung ke Komunitas Ikan Mas Koki Bali serangkaian pelaksaanaan DTIK Fest 2024,” ujar Jaya Negara didampingi Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan, IB Mayun Suryawangsa dan Kepala Dinas Kominfos, IB Alit Adhi Merta di sela-sela pelaksanaan kontes.

Baca Juga :  Kesanga Festival II Sukses, Wali Kota Jaya Negara Apresiasi Semangat Generasi Muda

Ditambahkannya Ikan Mas Koki Bali ini menjadi salah satu kekayaan khasanah fauna yang khas yang dimiliki masyarakat Bali.

“Kekayaan ragam fauna yang unik dan khas inipun sudah didaftarkan Hak Kekayaan Intelektual karena memiliki nilai historis pada jaman kerajaan sebagai persembahan,” ujar Wali Kota Jaya Negara.

Selain melaksanakan konten, komunitas Ikan Mas Koki Bali juga melaksanakan pameran selama 3 hari mulai pembukaan DTIK Fest.

Sementara itu, Kadis Kominfos Kota Denpasar didampingi Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, Cokorda Istri Kristinadewi menambahkan bahwa kehadiran kontes dan pameran ikan mas koki Bali sebagai upaya pelestarian inovasi berbasis budaya di tengah kemajuana jaman digital.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Pimpin Peringatan Hari Otoda di Kota Denpasar, Dua Penghargaan Nasional Diterima Wali Kota Jaya Negara

“Juga sebagai upaya memotivasi komunitas untuk terus melestarikannya disamping sebagai upaya sosialisasi kepada masyarakat luas,” jelas Kadis Gus Alit.

DTIK Fest 2024 diramaikan beberapa lomba, yakni lomba e-Sport, lomba logo dan lomba video pelayanan publik yang sudah diumumkan Pemenangnya pada Media Sosial  milik Dinas Kominfos Kota Denpasar.

DTIK Fest 2024
Vaksinasi dan kastrasi gratis yang disediakan oleh Dinas Pertanian Kota Denpasar. Sumber Foto : Istimewa

Tak kalah menarik, pada DTIK Fest kali ini, masyarakat dapat memanfaatkan vaksinasi dan kastrasi gratis yang disediakan oleh Dinas Pertanian Kota Denpasar. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari sejak tanggal 21 hingga 23 Maret 2024.

“Kegiatan semacam ini rutin diadakan Dinas Pertanian berkolaborasi dengan perangkat daerah lainnya menyediakan pelayanan vaksinasi gratis bagi hewan,” jelas Kepala Dinas Pertanian, A.A. Gde Bayu Brahmasta.

Baca Juga :  Rayakan HUT Ke-9, Poleng Kesiman Gelar Laga Trofeo

Lebih lanjut ditambahkan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya mengedukasi masyarakat untuk rutin memeriksakan hewan peliharannya terutama vaksinasi rabies agar terbebas dari segala penyakit nantinya.

”Kami harapkan DTIK Festival rangkaian kegiatan HUT ke-236 Kota Denpasar menjadi ajang kolaborasi dalam mengenalkan dan mengedukasi teknologi informasi dan komunikasi dapat menumbuhkan dan mendorong perkembangan ekonomi kreatif di Kota Denpasar,” paparnya.

Informasi terkini tentang aneka events dalam pagelaran di DTIK Fest 2024, dan hal menarik ada dalam pameran tahunan ini akan terus diinformasikan dalam media sosial Instagram @denpasarkota dan Radio Publik Pemerintah Kota Denpasar 92,6 FM.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News