DTIK 2024
DTIK Fest 2024: Perpaduan Edukasi Digital, Kreativitas UMKM, dan Hiburan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemerintah Kota Denpasar kembali menggelar Denpasar Teknologi Informasi Komunikasi Festival (DTIK Fest) tahun 2024. Acara ini bertujuan sebagai wahana edukasi, penyaluran talenta, dan ajang bertukar gagasan mengenai dunia digital.

DTIK Fest 2024 menghadirkan 36 stand teknologi, informasi, dan komunikasi yang dikoordinasikan oleh Dinas Kominfos Kota Denpasar. Selain itu, terdapat 50 stand UMKM yang difasilitasi oleh Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Pertanian, dan Dinas Perikanan Kota Denpasar.

Beragam workshop menarik juga diadakan dengan 16 tema berbeda, mulai dari keamanan informasi, pembuatan data, pegiat antihoaks dan literasi digital, hingga pemanfaatan teknologi digital untuk mendukung ekonomi kreatif dan pelestarian budaya.

Trisna, seorang Desainer Grafis dari Koding Akademi, mengungkapkan bahwa DTIK Fest 2024 merupakan kali kedua ia ikuti. Menurutnya, acara ini selalu menghadirkan inovasi baru yang mendorong anak muda untuk terus berinovasi.

Baca Juga :  Sasar Penyandang Disabilitas dan Lansia, Wawali Arya Wibawa Salurkan Paket Sembako Dari Kementerian Sosial

DTIK Fest 2024 juga dimeriahkan dengan panggung hiburan yang menampilkan 14 pengisi acara.

“DTIK Festival merupakan rangkaian kegiatan HUT ke-236 Kota Denpasar. Kami berharap acara ini menjadi ajang kolaborasi untuk mengenalkan dan mengedukasi teknologi informasi dan komunikasi, serta mendorong perkembangan ekonomi kreatif di Kota Denpasar,” ujar Kepala Dinas Kominfos Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Adhi Merta.

Antusiasme pengunjung terlihat dari padatnya area pameran UMKM. Selain menikmati pameran dan mengikuti workshop, pengunjung juga dapat berwisata belanja dan kuliner di Area Taman Kota Lumintang.

“Acara seperti ini sangat membantu kami, UMKM, untuk memasarkan dan mempromosikan produk. Semoga tahun depan diadakan lagi karena banyak manfaatnya bagi kami dan anak-anak muda,” ujar Dewi Wahyuni, pemilik UMKM Warung Yan Renon.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News