Pohon Tumbang
Diguyur Hujan Deras serta Angin Kencang, Pohon Bertumbangan di Karangasem. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Hujan deras serta angin kecang menerjang wilayah Kabupaten Karangasem sejak beberapa hari terakhir ini memicu puluhan titik bencana pohon tumbang di Gumi Lahar.

Dalam seminggu terakhir ini, BPBD Karangasem sedikitnya telah menerima 22 laporan kejadian pohon tumbang yang tersebar hampir merata di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Karangasem.

“Pohon tumbang kebanyakan menimpa akses jalan raya dan jaringan PLN. Selain itu, ada juga laporan pohon tumbang menimpa bangunan milik warga serta fasilitas umun lainnya,” kata Kalaksa BPBD Karangasem, IB. Ketut Arimbawa saat dikonfirmasi, Selasa (12/3/2024).

Ia mengatakan, secara umum untuk laporan bencana yang masuk sudah bisa ditangani oleh tim TRC BPBD Karangasem dibantu juga oleh personel kepolisian dan TNI yang ada di wilayah tempat kejadian. Hanya saja, jika terjadi beberapa peristiwa secara bersamaan, Arimbawa meminta warga sedikit bersabar karena dalam penanganan tentu ada skala prioritas.

Baca Juga :  Terduga Pelaku Pencurian Berantai di Karangasem Berhasil Diringkus

“Jadi kita tetap upayakan semaksimal mungkin, tetapi tentu ada skala prioritas mana yang lebih urgent, jika situasinya sama-sama butuh penanganan kita akan tarik personel TRC yang sedang stand by,” terang Arimbawa.

Sementara itu, kondisi cuaca hujan deras dan angin kencang juga diperkirakan masih akan terjadi hingga beberapa hari kedepan, untuk itu warga masyarakat di Kabupaten Karangasem diimbau agar tetap waspada dan aktif melakukan mitigasi potensi bencana yang ada disekitar tempat tinggalnya masing-masing.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News