DANA
Teuku Muhammad Farhan Dermawan, Communications Lead DANA Indonesia didampingi I Putu Ashadi Sedana Pratama, Software Development Engineer Manager, DANA Indonesia saat temu awak media di Denpasar pada Rabu (6/3/2024). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – DANA, platform pembayaran dan layanan keuangan digital terkemuka di Indonesia, telah memberikan dampak positif yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi digital di tanah air. Dengan fokus yang kuat pada inklusi keuangan, literasi, dan digitalisasi UMKM, DANA telah menjadi pionir dalam membentuk masyarakat nontunai yang sehat secara finansial.

Selama lima tahun terakhir, DANA terus menunjukkan pertumbuhan yang mengesankan dengan menjangkau lebih dari 170 juta pengguna dan berhasil mendigitalisasi lebih dari 550.000 UMKM di seluruh Indonesia.

“Peningkatan signifikan ini merupakan bukti konkret dari kepercayaan masyarakat terhadap platform pembayaran dan layanan keuangan digital yang disediakan oleh DANA,” ungkap Teuku Muhammad Farhan Dermawan, Communications Lead DANA Indonesia didampingi I Putu Ashadi Sedana Pratama, Software Development Engineer Manager, DANA Indonesia saat temu awak media di Denpasar pada Rabu (6/3/2024).

Pada tahun 2023, DANA mencatat pertumbuhan yang luar biasa dalam berbagai fitur dan layanan keuangannya. Transaksi QRIS meningkat mencapai 272 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya, sementara fitur Kirim Uang juga tumbuh sebesar 147 persen. Tidak hanya itu, layanan keuangan digital seperti DANA Siaga bahkan melonjak sembilan kali lipat.

Baca Juga :  Fox Hotel Jimbaran Beach Bali Gelar Aksi Sosial 'The Dedication of Modern Kartini' di SD Negeri 6 Muncan

Prestasi DANA tidak hanya tercermin dari angka pertumbuhan, tetapi juga dari pengakuan yang diterimanya. Pada tahun 2023, DANA meraih berbagai penghargaan bergengsi, termasuk penghargaan dari Bank Indonesia sebagai Perusahaan Non-Bank Terbaik untuk Performa QRIS, dan ASEAN Business Awards.

“Pengakuan ini menjadi bukti nyata atas dedikasi DANA dalam memberikan layanan terbaik kepada pengguna,” imbuh Farhan.

DANA tidak hanya mengutamakan pertumbuhan, tetapi juga keamanan pengguna. Melalui teknologi keamanan mutakhir seperti DANA VIZ (Visual Identity Authorization), PIN, dan teknologi Risk Engine, DANA memastikan bahwa dana, data, dan transaksi pengguna terjaga dengan baik. DANA juga telah memperoleh sertifikasi ISO 27001:2013 dan PCI-DSS, menegaskan komitmennya terhadap keamanan informasi pengguna.

Selain itu, DANA juga berperan dalam mendigitalisasi UMKM di Indonesia. Dengan menyediakan pelatihan dan akses ke layanan keuangan seperti asuransi dan investasi, DANA membantu UMKM untuk berkembang dan mandiri secara finansial. Hasil survei INDEF juga menunjukkan bahwa UMKM menggunakan DANA karena kemudahan transaksi dan fitur lengkap yang ditawarkannya.

Dengan kesuksesan yang telah dicapai dan komitmennya terhadap inklusi keuangan dan digitalisasi, DANA terus menjadi pendorong utama dalam pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Sebagai anggota World Economic Forum’s Unicorn Community dan perwakilan Indonesia dalam konferensi Davos, DANA siap untuk memimpin dalam membentuk masa depan fintech global yang inklusif dan berkelanjutan.(ads/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News