BARATI CUP
Juara BARATI Cup U14. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – BARATI Cup Bali 2024 sukses digelar pada 2-5 Maret di Gianyar. Di turnamen yang diikuti oleh 2.300 peserta dari 120 tim mewakili 14 provinsi serta 1 negara ASEAN. Akademi Persib Cimahi berhasil mempertahankan gelar U12, sementara di kategori U13 tim dari Yogyakarta Baturetno dan di U14 tim Young Warrior berhasil mengkandaskan lawan-lawannya di babak final yang berlangsung pada Selasa (5/3/2024) kemarin sore.

Sengitnya persaingan terlihat sejak babak knock out 16 besar, dimana banyak pertandingan yang harus diselesaikan dengan adu penalti. Juara Kelompok Umur (KU) 14 Tahun dimenangkan secara susah payah oleh Young Warrior dari Banten melalui sudden death adu penalti melawan tim ‘Mutiara Hitam’ Papua FA.

Sementara itu, Baturetno dari DI Yogyakarta berhasil merebut Peringkat Pertama KU 13 Tahun mengalahkan tuan rumah Bali United FA dengan skor 5-1. Performa impresif ditunjukkan oleh Akademi Persib Cimahi KU 12 Tahun yang berhasil mempertahankan gelar juara setelah mengalahkan Bali United FA dengan skor 6-2.

BARATI CUP
CEO Program BARATI (Bangga Merah Putih) Mendunia, Krisna Wisnu Marsis (Tengah). Sumber Foto : Istimewa

CEO Program BARATI (Bangga Merah Putih) Mendunia, Krisna Wisnu Marsis mengamini ketatnya persaingan di tahun kedua ini.

Baca Juga :  Kementerian Pendidikan Bantah Kabar Seragam Sekolah Diganti Setelah Lebaran

“Setengah dari babak knock out di usia 14 tahun harus diselesaikan dengan adu penalti. Ini menunjukkan kekuatan dan kualitas yang hampir merata di tim-tim yang bertanding,” ungkap Krisna.

Dalam prosesi closing ceremony yang diselenggarakan di BU Training Ground, turut hadir representatif dari  Kementerian Pemuda dan Olahraga, yaitu Dwijayanto Sarosa Putera (Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Pusat dan Daerah), Hamdan Hamedan (Tenaga Ahli Menteri), dan Aris Subiyono (Sekretaris Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga).

“Mudah-mudahan kita harapkan turnamen ini akan terus dilaksanakan setiap tahunnya, karena tentunya pelaksanaan kegiatan BARATI Cup ini adalah salah satu implementasi  dari  INPRES  Nomor  3  Tahun  2019  tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional,” ucap Dwijayanto dalam sambutannya.

BARATI CUP
Juara BARATI Cup U13. Sumber Foto : Istimewa

Selanjutnya, Coach Indra Sjafri selaku Direktur Teknis BARATI Mendunia akan memimpin tim Talent Scouting untuk menyeleksi sebanyak 52 pemain untuk bergabung ke dalam skuad BARATI 2024 dan akan menjalani persiapan selama 10 hari di Jakarta sebelum berlaga di Swedia.

“Tim talent scout telah bekerja keras selama 4 hari turnamen untuk menyeleksi 52 dari 2.300 pemain. Tentunya tidak mudah namun dengan dibantu penggunaan performance monitoring tools, seperti Catapult  dan Spiideo mudah-mudahan kami dapat memilih pemain yang terbaik untuk ke Swedia nanti,” ungkap Coach Indra.

BARATI CUP
Juara BARATI Cup U12. Sumber Foto : Istimewa

BARATI Mendunia adalah program inkubator bakat sepak bola yang didasarkan pada semangat nasionalisme, yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang profesional, menyenangkan, dan aman bagi pengembangan bakat sepak bola usia dini.

Baca Juga :  ITDC Pertahankan Sertifikasi SNI ISO 37001:2016

Ini adalah tahun kedua BARATI Mendunia menyelenggarakan turnamen BARATI Cup di Bali dan saat peluncuran program Desember dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo pada Desember lalu

Hasil Akhir BARATI Cup Bali 2024

U-12

  • Juara 1: Akademi Persib Cimahi (Jawa Barat)
  • Juara 2: Bali United FA (Bali)
  • Juara 3: ASIOP (DKI Jakarta)
  • Juara 4: Castindo FA (Jawa Timur)

U-13

  • Juara 1: Baturetno (DI Yogyakarta)
  • Juara 2: Bali United FA (Bali)
  • Juara 3: CS Private Soccer (DKI Jakarta)
  • Juara 4: Diklat Gama FA (Jawa Timur)

U-14

  • Juara 1: Young Warrior (Banten)
  • Juara 2: Papua FA (Papua)
  • Juara 3: Colombo (Jawa Timur)
  • Juara 4: Satria Cipta (Banten)

(tis/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News