Kerja sama
Bali dan Rumania Ingin Perkuat Kerja Sama di Berbagai Bidang. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pj Gubernur Bali, S.M Mahendra Jaya menerima kunjungan Duta Besar Rumania untuk Indonesia, H.E. Mr. Dan Adrian Balanescu yang saat itu didampingi oleh Konsul Jenderal Kehormatan untuk Rumania di Bali, Dr. Yoga Iswara bertempat di Ruang Tamu Kediaman Gubernur Bali, Jaya Sabha, Denpasar, pada Jumat (1/3/2024).

Tujuan kunjungan tersebut adalah untuk mendiskusikan kemungkinan penguatan kerja sama di berbagai bidang antara Bali dan Rumania, serta mendiskusikan Kerja Sama Sister Province antara Bali dan Arges di Rumania.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes Dan Adrian Balanescu menjelaskan, bahwa Bali sangat terkenal di kalangan masyarakat Rumania, dan menjadikan Pulau kecil ini sebagai destinasi liburan favorit oleh warganya.

“Kami juga ingin mengundang masyarakat Bali untuk mengunjungi Rumania terutama Arges yang terletak di pegunungan serta memiliki kekayaan alam yang unik. Untuk itu kami ingin memperkuat kerja sama di bidang travel agent,” jelasnya dalam kesempatan yang turut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Gede Arya Sugiartha, Kepala Biro Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Bali, I Ketut Sukra Negara, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali, I Wayan Sunada, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah Raga Provinsi Bali, Dr. KN Boy Jayawibawa dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Tjok Bagus Pemayun.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Buka Festival Beraban 2024, Harapkan Jadi Langkah Pelestarian Seni Budaya Kalangan Muda

Selain itu, ia juga menawarkan berbagai kerja sama seperti kerja sama bidang pertanian. Dengan tekstur tanah yang berlereng di kota Arges, Rumania juga terkenal sebagai salah satu penghasil anggur terbaik di Eropa. Sehingga ia pun ingin membangun kerja sama ekspor impor dengan hasil pertanian di Bali. Sementara di bidang Pendidikan, pihaknya mengaku ingin mengembangkan kerja sama antara Universitas Udayana dengan Universitas di Arges.

“Mungkin dalam bentuk pertukaran SDM seperti dosen dan profesor serta pertukaran mahasiswa,” imbuhnya.

Baca Juga :  PPDB SMP Negeri Denpasar 2024: Daya Tampung Berkurang, Empat Jalur Pendaftaran Tetap Digunakan

Ke depan ia juga ingin mengajak masyarakat Bali untuk bekerja di Rumania, begitu juga sebaliknya, karena pertukaran keterampilan dari kedua belah pihak juga dipandang penting.

“Terakhir saya ingin mengundang Bapak Pj Gubernur beserta jajaran untuk berkunjung ke Arges beserta menandatangani MoU Sister Province, untuk keberlanjutan kerja sama kita,” tutupnya.

Pj Mahendra Jaya pun menanggapi seraya mengapresiasi berbagai dukungan yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Rumania untuk Bali. Ia mengatakan, bahwa Bali merupakan pulau kecil yang tidak memiliki Sumber Daya Alam seperti mineral maupun batubara, namun Bali memiliki keunikan budaya dan alam yang mempesona serta masyarakat yang ramah, sehingga menjadi salah satu destinasi wisata favorit dunia.

Baca Juga :  Kelurahan Renon Laksanakan Pendaftaran Penduduk Non Permanen dan Sosialisasi Kamtibmas

Ia pun mengutarakan ketertarikannya untuk memperkuat kerja sama ini, terutama memperkuat SDM Bali melalui pertukaran keterampilan antara masyarakat dari negara masing-masing. Selain itu menurutnya Bali mempunyai bonus demografi, dimana warga berusia produktif yang cukup banyak.

“Sehingga kami akan upayakan langkah-langkah konkret agar anak-anak kami bisa bekerja di Rumania,” tutupnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News