mereresik
Ajak Umat Jaga Kebersihan, Bank Sampah Tegeh Sari Lestari Ngayah Mereresik di Karya Bhatara Turun Kabeh Besakih. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kebersihan lingkungan menjadi tanggungjawab bersama. Apalagi dI kawasan suci,  terutama di saat berlangsungnya upacara besar.

“Padatnya umat yang ngaturang bhakti tentunya memunculkan volume sampah yang meningkat,” jelas Manager Bank Sampah Tegeh Sari Lestari (BSTSL), Dewi Karmiasih didampingi Sekretaris Sri Artiningsih di sela-sela kegiatan ngayah mereresik (gotong royong bersih-bersih) di kawasan Pura Besakih saat Karya Tawur Tabuh Gentuh lan Bhatara Turun Kabeh, Jumat (29/3/2024) siang.

Ngayah dilaksanakan berkolaborasi dengan Komunitas Peduli Sungai Ayung Katonjaya (KPS) Sahabat Alam Natah Rare (STAR), prajuru PAKIS dan Prajuru Adat Banjar Tegeh Sari. Rombongan yang berjumlah seratus orang bertolak dari Banjar Tegeh Sari di Jalan Gatot Subroto I Kota Denpasar menuju ke Pura Besakih dan Pura Tap Sai untuk atur ayah mareresik.

Lebih jauh ditambahkannya kegiatan ini sebagai upaya mengajak masyarakat, khususnya umat yang pedek tangkil untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestarian alam dan lingkungan.

Baca Juga :  Lewat Bukber Jalin Silaturahmi dan Kebersamaan Member Honda Big Bike Bali

“Perwujudan filosogi Tri Hita Karana dengan selalu menjaga serta merawat alam (ibu pertiwi) termasuk dengan membantu meringankan petugas kebersihan di areal Pura Besakih saat karya besar seperti saat ini,” ujarnya.

Pihaknya mengajak masyarakat dan umat untuk langsung membuang canang sari/bunga sisa sembahyang ke tempat sampah.

“Khususnya sampah plastik bungkus canang atau kemasan makanan minuman agar dibuang pada tempat sampah yang telah disediakan,” ujar Dewi.

Dalam kesempatan itu, Dewi mengimbau agar umat/pemedek mengurangi penggunaan kemasan plastik sekali pakai.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Lepas Mudik Bersama BUMN PT Pegadaian Kanwil VII

Hal ini penting dilaksanakan mengingat areal Pura Besakih merupakan kawasan suci yang perlu dijaga kesucian dan kebersihannya oleh seluruh masyarakat yang berkunjung.

Harapannya dengan semangat kebersamaan menjaga kebersihan maka dapat tercipta suasana bersih bagi umat Hindu yang tangkil di Pura Besakih.

BSTSL memiliki segudang prestasi seperti Juara 1  Bank Sampah di Kota Denpasar, juga meraih Juara 2 Bank Sampah Competition untuk kategori unit se-Indonesia yang diadakan oleh PT. Astra International. BSTSL sudah berdiri selama hampir 6 tahun dan bagian dari Kampung berseri astra Tegeh Sari Binaan Astra Grup Bali.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Tinjau Pengerjaan Perataan Lahan Stockpile Mertasari 

Ucapan terima kasih disampaikan kepada Wali Kota Denpasar dan Kesdam Udayana, Jero Bendesa, Bank Sampah Besakih yang membantu dan memberikan petunjuk dalam pelaksanaan kegiatan ini. Karena sebelum kegiatan berlangsung  koordinasi dilakukan Pengurus  BSTSL dengan jero bendesa dan bank sampah di Pura Besakih dalam melakukan kegiatan ini selain mengikuti arahan DLHK Provinsi Bali.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News