Perluas Akses Pasar Global
Tingkatkan Peran Digital, Bank Indonesia Bali Dorong UMKM Perluas Akses Pasar Global. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali menyelenggarakan Onboarding UMKM dengan tema “Akselerasi UMKM Bali: Go Digital Go Global” pada Rabu (21/2/2024). Acara ini dihadiri oleh Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM, Siti Azizah; Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Erwin Soeriadimadja; dan Ketua Harian Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali, I Wayan Jarta. Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid bertempat di Grha Tirta Gangga Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bali serta melalui platform Zoom dengan total peserta mencapai 150 UMKM dari Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Penyelenggaraan Onboarding UMKM ini merupakan salah satu upaya Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bali untuk meningkatkan kapasitas UMKM, khususnya pemanfaatan platform digital untuk memperluas akses pasar nasional maupun global. Narasumber yang hadir berasal dari pelaku e-Commerce terkemuka di tanah air, yaitu Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Selain itu, narasumber dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) turut memberikan materi literasi keuangan serta waspada investasi dan pinjaman online ilegal.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Hadiri Karya Melaspas di Pura Puseh Dadia Desa Adat Penatih

Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Siti Azizah menyoroti potensi besar yang belum dioptimalkan guna mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya di wilayah selain Bali bagian Selatan. Pelaku UMKM memiliki peluang besar untuk terus berkembang, namun perlu adanya adopsi digitalisasi terutama untuk menghadapi tantangan khususnya dalam konteks globalisasi. Lebih lanjut, Siti Azizah juga menggarisbawahi peran krusial generasi muda yang adaptif, kreatif, dan inovatif dapat menjadi motor penggerak perekonomian.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Erwin Soeriadimadja menyampaikan, pertumbuhan ekonomi Bali selama tahun 2023 tercatat sebesar 5,71% (yoy), lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat 5,04% (yoy). Pertumbuhan ekonomi Bali tersebut didorong kinerja lapangan usaha yang berkaitan dengan pariwisata seiring meningkatnya kunjungan wisatawan domestik serta mancanegara. Dari sisi perkembangan harga, Bali tercatat mengalami deflasi sebesar -0,09% (mtm) pada Januari 2024 atau inflasi secara tahunan sebesar 2,61% (yoy), masih dalam kisaran target inflasi 2024 yaitu 2,5%±1%. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi serta inflasi yang stabil ini tidak terlepas dari sinergi dan kolaborasi antara Bank Indonesia dan Pemerintah Daerah baik di tingkat Provinsi maupun Kota/Kabupaten se-Bali, serta pelaku usaha termasuk UMKM. Erwin optimis dengan dukungan seluruh pihak, transformasi ekonomi Bali menuju Bali yang hijau, tangguh dan sejahtera dapat terwujud. Semangat dan tingginya animo UMKM untuk pengembangan ke depan diharapkan dapat menjadi pendorong agar UMKM Bali dapat lebih berperan dalam peningkatan ekonomi di Bali yang inklusif.

Baca Juga :  Kinerja Dunia Usaha Bali Tetap Kuat Meskipun Sedikit Menurun di Triwulan I 2024

Selanjutnya, Ketua Harian Dekranasda Provinsi Bali, I Wayan Jarta, memberikan apresiasi kepada Bank Indonesia yang aktif membina dan mendorong UMKM Bali untuk mengoptimalkan platform digital dan mengakselerasi pasar global. Jarta mengungkapkan, bahwa digitalisasi bukan lagi pilihan melainkan suatu keharusan dalam menghadapi dinamika pasar dalam negeri maupun pasar global. Lebih lanjut, Jarta juga mendorong adanya kolaborasi antar sesama UMKM sebagai langkah strategis dalam meningkatkan ekonomi lokal serta menjaga kelestarian warisan budaya lokal di Bali melalui produk kerajinan. Dekranasda Provinsi Bali, selalu siap menjadi mitra terpercaya dalam mengembangkan pelaku UMKM.

Lebih lanjut, Advisor Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Butet Linda H. Panjaitan menyampaikan, dari sisi pembayaran digital, Bank Indonesia juga mengapresiasi UMKM atas partisipasi aktifnya dalam penggunaan QRIS yang tercermin dari tingginya volume dan nilai transaksi melalui kanal pembayaran tersebut. Seiring dengan didorongnya implementasi QRIS antar negara, diharapkan penggunaan QRIS dapat mendorong UMKM agar dapat mengakses pasar yang lebih luas, khususnya wisatawan mancanegara.

Baca Juga :  Sinergi dan Kolaborasi Membangun Ekonomi Syariah, Puncak Gebyar Ramadan Keuangan Syariah

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan kick off Road to Bali Jagadhita 2024. Bali Jagadhita merupakan event tahunan Bank Indonesia Bali yang tahun ini merupakan penyelenggaraan ke-5 dan telah masuk calender of event pariwisata Bali. Rangkaian kegiatan Bali Jagadhita 2024 mencakup di antaranya pelatihan, peningkatan kapasitas, business matching, digitalisasi UMKM. Kegiatan Bali Jagadhita tahun 2024 akan diperluas tidak hanya dari aspek perdagangan namun juga menjangkau aspek pariwisata dan investasi, yang puncaknya akan diselenggarakan pada Juni mendatang.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News