Pelatihan
Puluhan Teknisi dari Empat Kabupaten Ikuti Latihan Perawatan LPJU LED di Karangasem. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Puluhan teknisi perwakilan dari empat Dinas Perhubungan di Provinsi Bali mengikuti pelatihan tentang perawatan LPJU LED Siklon yang dipusatkan di Aula Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Karangasem, Selasa (6/2/2024) pagi.

Kepala Dinas Perhubungan Karangasem, Cokorda Surya Darma mengungkapkan, pelatihan ini terselenggara berkat kerja sama antara Dishub dengan pihak rekanan penyedia lampu LED Siklon yaitu PT. Catur Mukti.

“Pelatihan hari ini diikuti oleh 4 kabupaten, diantaranya, Kabupaten Buleleng, Tabanan, Denpasar dan Karangasem, untuk teknisi dari Dishub Karangasem yang ikut pelatihan ada sekitar 25 orang,” jelas Cokorda Surya Darma.

Menurutnya, kegiatan pelatihan ini dipandang sangat penting bagi para teknisi terlebih Karangasem saat ini secara bertahap beralih ke lampu LED sehingga harus didukung pula dengan peningkatkan kualitas SDM untuk penanganan apabila terjadi kendala dikemudian hari.

Baca Juga :  Jalan Menuju Pura Pasar Agung Karangasem Rusak Parah

Tak hanya sekedar pelatihan, para teknisi ini juga diberikan pengetahuan tentang bagaimana cara untuk melakukan perawatan maupun perbaikan disetiap komponen yang ada pada lampu LED tersebut. Setelah pelatihan, para peserta juga diberikan sertifikat sebagai bukti yang menyatakan bahwa teknisi tersebut memiliki keahlian untuk memperbaiki LPJU LED.

“Dengan oemberian sertifikat pelatihan ini jadi para teknisi ini bukan abal-abal, karena mereka diakui memiliki kemampuan sesuai dengan standar yang dimiliki di bidang itu lewat penghargaan yang diberikan tersebut, selain itu lewat pelatihan bersama ini para teknisi bisa saling berkordinasi dengan Dishub dari Kabupaten lain di Bali,” ujarnya.

Baca Juga :  Gumi Lahar Bergetar, 2.000 Relawan di Kecamatan Kubu Dukung Suyasa Rebut Kursi Karangasem Satu

Sementara itu, Sesar Arya Revan Diarta selaku Marketing Regional Wilayah Timur PT. Catur Mukti yang hadir sebagai pemateri mengatakan, Karangasem merupakan salah satu user terlama yang ada di Bali, pelatihan seperti ini memang rutin digelar untuk meningkatkan kapasitas teknisi yang ada di Dinas Perhubungan mengingat pihkanya memberikan garansi terhadap produk yang diberikan hingga 6 tahun lamanya.

“Terakhir kami memberikan pelatihan sekitar tahun 2019, ini sudah menjadi acara rutinitas untuk meningkatkan kemampuan teknisi dishub karena kami juga memberikan garansi terhadap produk kami 24 penuh selama 6 tahun,” kata Arya.

Baca Juga :  Dukung Perempuan Berdaya, Srikandi PLN Beri Bantuan Usaha untuk Ibu Disabilitas di Karangasem

Selama pelatihan, para teknisi berikan pengetahuan menditail soal lampu LED dengan tujuan agar mereka nantinya bisa tau bagaimana penyelesaian atau penanganannya jika terjadi masalah. Disamping memberikan garansi, pihaknya juga memberikan suku cadang untuk memgantisipasi adanya kerusakan.

“Lampu LED jauh lebih efisien dari pada penggunaan lampu konvensional. Jika dibandingkan, antara lapu konvensional dengan 120 watt setara dengan cahaya lampu LED 40 watt. Oleh karena itu lampu LED jauh lebih hemat enegri dan ramah lingkungan,” terang Arya.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News