Bulan Bahasa Bali
Pembukaan Bulan Bahasa Bali VI Tahun 2024 di Kabupaten Bangli. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Pemerintah Kabupaten Bangli melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan melaksanakan program kegiatan Bulan Bahasa Bali di Kabupaten Bangli sebagai bentuk implementasi dari Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2020 tentang Penguatan dan Pemajuan Kebudayaan Bali serta Peraturan Gubernur Bali Nomor 80 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali. Pembukaan Bulan Bahasa Bali VI Tahun 2024 ini dilaksanakan di Wantilan Desa Adat Kawan, Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli.

Dimana diketahui untuk tema tahun ini yakni, ‘Jana Kerthi Dharma Sadhu Nuraga’ yang bermakna Bulan Bahasa Bali merupakan altar pemuliaan bahasa, aksara dan sastra Bali sebagai sumber kebenaran, kebijaksanaan dan cinta kasih untuk memperkuat jati diri krama Bali.

Baca Juga :  Disbud Buleleng Usulkan Tiga Tradisi untuk Meraih Predikat WBTB Tahun 2024

Dalam sambutan singkatnya, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangli, Wayan Sugiarta, mengatakan Peringatan Bulan Bahasa Bali (BBB) ini bertujuan untuk memberikan ruang untuk pelestarian dan menumbuh kembangkan aksara, sastra, dan Bahasa Bali di tengah masyarakat.

“Itu diwujudkan dalam lima lomba yang dilaksanakan dalam Bulan Bahasa Bali tahun 2024 kali ini, yang diantaranya Lomba Mesatwa Bali yang diikuti Paiketan Krama Istri (PAKIS), Lomba Debat Bahasa Bali yang diikuti oleh siswa SMA/SMK se-Kabupaten Bangli, Lomba Membaca Lontar Aksara Bali, Lomba Menulis Aksara Bali tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Lomba Menulis Lontar Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten Bangli. Lomba-lomba tersebut akan dilaksanakan mulai tanggal 5-7 Februari 2024,” jelas Wayan Sugiarta.

Baca Juga :  Pemprov Bali Hadir, Bantu Tiga Krama Bangli Miliki Rumah Layak Huni

Sementara itu, sambutan Bupati Bangli yang dibacakan oleh Asisten I, Made Ary Pulasari menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Bangli sangat memperhatikan pelestarian Bahasa dan Aksara Bali khususnya di Kabupaten Bangli dengan menyelenggarakan Bulan Bahasa Bali setiap tahunnya.

Dengan mengambil tema ‘Jana Kerthi Dharma Sadhu Nuraga’, pihaknya berharap Bulan Bahasa Bali ini bisa dilaksanakan di berbagai tempat seperti Desa Adat, Desa Dinas, dan lembaga pendidikan dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai Perguruan Tinggi, Lembaga Swasta, Perbankan dan Lembaga-lembaga lainnya di Kabupaten Bangli.

Baca Juga :  Pemkab Bangli Gelar Gerakan Pangan Murah

Selain itu, acara bulan bahasa Bali tersebut merupakan dasar pedoman masyarakat untuk menggunakan bahasa Bali pada kesehariannya.

“Mari kita jaga Bahasa dan Aksara Bali agar semakin mendunia, dan kami sangat berharap dengan dibukanya Bulan Bahasa Bali di Kabupaten Bangli bisa melahirkan pikiran yang baik di kalangan masyarakat Bangli,” ungkapnya.

Hadir dalam acara tersebut Anggota Forkopimda Kabupaten Bangli, Pimpinan Perangkat Daerah (PD) Kabupaten Bangli, para Camat se-Kabupaten Bangli, peserta lomba serta undangan terkait lainnya.(an/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News