Nyepi
Panitia Hari Suci Nyepi DKI Jaya Mempersembahkan Serangkaian Kegiatan untuk Meningkatkan Kesehatan dan Ekonomi Umat Hindu. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Panitia Hari Suci Nyepi DKI Jaya tahun 2024 telah sukses menyelenggarakan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk merayakan hari suci Nyepi Tahun baru Caka 1946.

Acara ini diselenggarakan dalam koordinasi antara Suka Duka Hindu Dharma (SDHD) Jakarta Raya, Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) DKI, dan Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) DKI.

Sejak pagi, Sabtu (24/2/2024), umat Hindu di wilayah DKI telah memadati Wantilan Graha Sabha Aditya yang terletak di komplek Pura Aditya Jaya Rawamangun untuk mengikuti Seminar Pencegahan dan Pengelolaan Diabetes Melitus dan Glaukoma. Seminar ini dihadiri oleh para dokter ahli di bidangnya, antara lain Prof. Dr. dr. Ketut Suastika, Ketua PB Perkumpulan Endokrinologi Indonesia, dr. Henie Soesanto, MS SpOK, Ketua Komite Diabetes Lions Club International, serta dr. Maria Larasati, Sp.M, Dokter mata dari Yayasan Glaukoma Indonesia.

Dalam seminar ini, peserta mendapatkan pemahaman mendalam tentang diabetes, terapi nutrisi medis, latihan fisik, jenis terapi farmakologis, serta kiat untuk mengubah kebiasaan dan gaya hidup guna mencegah dan mengelola diabetes. Begitu juga dengan informasi seputar Glaukoma, jenis-jenisnya, dan metode pengobatannya. Para peserta tidak hanya mendapat pengetahuan yang berharga, tetapi juga mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis seperti pemeriksaan gula darah, kolesterol, dan tekanan bola mata.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Apresiasi Karya Ageng Bhatara Turun Kabeh di Pura Puseh Bale Agung Desa Adat Padangan

Tidak hanya itu, pagi itu juga ditandai dengan kegiatan bakti sosial donasi untuk anak yatim piatu yang diselenggarakan di tempat yang sama. Donasi tersebut diberikan secara simbolis kepada pengurus Yayasan Yatim Piatu Hindu (Yapindu). Selain itu, panitia juga menyerahkan secara simbolis bibit pohon kepada seluruh pengempon Pura di wilayah DKI, sebagai upaya mendukung pemeliharaan lingkungan dan keharmonisan dengan alam semesta.

Kegiatan Nyepi DKI tidak berhenti di situ. Pada tanggal 25 Februari, di lokasi yang sama, digelar bazar UMKM Hindu sekaligus merayakan HUT WHDI DKI. Bazar ini memberikan peluang bagi UMKM dari umat Hindu untuk berkembang secara bisnis maupun finansial.

Baca Juga :  Mobil Listrik Tambah Banyak, PLN Siagakan 1.124 SPKLU Tersebar untuk Para Pemudik

Keseluruhan rangkaian kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan tema Nyepi DKI tahun 2024, yaitu ‘Meningkatkan Kesehatan dan Ekonomi Umat untuk Indonesia Jaya’. Tema ini dipilih sebagai sub tema Perayaan Nyepi Nasional yang telah ditetapkan oleh Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat dengan tema Sat, Cit, Ananda untuk Indonesia Jaya.

Dengan suksesnya acara ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan dan ekonomi umat Hindu serta masyarakat Indonesia secara keseluruhan.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News