Hoaks!
Hoaks! Bank BNI Bantah Gebyar Hadiah Tahun 2024 di Facebook. Sumber Foto : Istimewa/Cekfakta.com

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Beredar di media sosial postingan yang mengklaim bahwa Bank BNI sedang membuka pendaftaran untuk gebyar hadiah tahun 2024 di Facebook. Postingan tersebut pertama kali muncul pada tengah pekan ini dan diunggah oleh salah satu akun pada 1 Februari 2024. Isi postingan tersebut berupa pengumuman program undian berhadiah dengan hadiah menarik.

Namun, tim Cek Fakta Liputan6.com menelusuri fakta ini dengan membuka akun resmi Bank BNI di Instagram, @bni46 yang sudah terverifikasi. Mereka menemukan unggahan pada 19 Januari 2024 yang membantah adanya pendaftaran gebyar hadiah tahun 2024. 

Baca Juga :  Sektor Jasa Keuangan Tetap Resilien dan Kontributif dalam Dukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Bank BNI meminta masyarakat untuk waspada terhadap segala bentuk penipuan program undian berhadiah yang mengatasnamakan mereka.

Postingan tersebut mengklarifikasi bahwa Bank BNI tidak memiliki program undian berhadiah saat ini. Mereka juga menyediakan link resmi, https://www.bni.co.id/id-id/beranda/promoacara/promoperbankan/articleid/21588, untuk mengetahui program-program resmi Bank BNI.

Bank BNI mengungkapkan bahwa oknum tidak bertanggung jawab seringkali membuat akun palsu di Facebook untuk menyesatkan korban. Modus operandi melibatkan narasi palsu tentang gebyar hadiah, mengarahkan calon korban ke website phishing, dan meminta informasi pribadi seperti nomor handphone, kredensial kartu debit, dan kode OTP.

Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk tetap waspada dan tidak mengklik link yang mencurigakan. Jika mendapatkan informasi mencurigakan, disarankan untuk menghubungi BNI Call 1500046.

Baca Juga :  Mudik Ala POCO Tetap Asik dengan Hape Mulai dari Sejutaan

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa postingan Bank BNI sedang membuka pendaftaran untuk gebyar hadiah tahun 2024 di Facebook adalah hoaks dan tidak memiliki dasar yang valid. Bank BNI sendiri telah memberikan klarifikasi resmi melalui akun Instagram mereka. (bpn/cekfakta.com)

Rujukan :

  • https://www.instagram.com/p/C2RiXWbP3VI/?hl=id&img_index=1
Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News