Food, Hotel & Tourism Bali
Food, Hotel & Tourism Bali Hadir Kembali, Bawa Semangat Kewirausahaan dan Ekonomi untuk Bisnis yang Berkelanjutan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, NUSA DUA – Seiring dengan pulihnya ekonomi Global dan tumbuhnya ekonomi Nasional, Food, Hotel & Tourism Bali (FHTB) kembali hadir di tahun 2024 sebagai pameran dagang Internasional terdepan dan utama di Timur Indonesia, mencakup industri Makanan & Minuman (F&B), Perhotelan, dan Pariwisata. Pada edisi ke-13 tahun ini, FHTB akan diselenggarakan bersama dengan Retail Indonesia di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) pada 6–8 Maret 2024.

Digelarnya kembali FHTB 2024 merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan PT Pamerindo Indonesia, dalam mendukung peningkatan peluang bagi perusahaan dan pelaku usaha di sektor perhotelan, F&B dan pariwisata untuk memimpin bisnis masa depan yang berkelanjutan. FHTB 2024 dihadirkan untuk menjelma dan mewakili semangat kewirausahaan dan ekonomi pada Industri hospitality di Indonesia.

Juanita Soerakoesoemah selaku Event Director FHTB 2024, mengatakan FHTB adalah tempat berkumpul yang dinamis dari para pemimpin industri dan pelaku bisnis untuk menemukan tren terbaru, inovasi revolusioner, dan rangkaian produk berkualitas tinggi yang akan mendefinisikan perkembangan bisnis HoReCa (Hotel, Restoran, dan Katering).

“Ada lebih dari 300 perusahaan global dari 23 negara/wilayah berbeda, yang akan memanfaatkan kesempatan ini untuk memamerkan produk dan layanan unggulan mereka,” jelas Juanita.

Hal ini, menurut Juanita juga akan membuat mereka semakin atraktif dalam berkontribusi pada lanskap yang dinamis, dari sektor perhotelan dan pariwisata unggulan Bali. Diantara perusahaan unggulan yang terkonfirmasi akan bergabung dalam FHTB 2024 yaitu King Koil, Multi Fortuna, Rotaryana Prima, Modena, TTS, Libra Food, Coffee Beyond Borders, BepahKupi, PAN Group, NANO Logistics, ACR Panel, CV. Liang. Dengan bergabungnya perusahaan-perusahaan unggulan tersebut, diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi para pembeli khususnya bagi para pelaku usaha dari resort, jaringan hotel, restoran, dan importir terbaik di wilayahnya.

FHTB 2024 melalui 3 hari pameran dari rangkaian produk dan layanan eksklusif, akan menarik lebih dari 12.000 pengunjung baik nasional maupun internasional. Hadirnya kembalinya FHTB 2024, diharapkan dapat turut mendukung peningkatan jumlah kunjungan wisatawan asing ke Indonesia.

Baca Juga :  Dukung Persiapan Masuki Dunia Kerja, Astra Motor Bali Hadiri Gelaran Job Fair SMK PGRI 2 Badung

Data dari Badan Pusat Statistik Indonesia (BPS), menunjukkan bahwa kunjungan wisatawan asing ke Indonesia dari Januari hingga September 2023 telah meningkat sebesar 143,41% (yoy), dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2022.

Pengunjung FHTB 2024 akan mendapatkan kesempatan untuk menggali ilmu dan wawasan dari para pemain terbaik di industri ini, sambil membangun jaringan bisnis dengan para profesional global terbaik di bidangnya melalui berbagai acara unggulan yang diselenggarakan oleh berbagai mitra asosiasi dalam industri perhotelan, F&B, dan pariwisata.

Diantara acara unggulan dalam FHTB 2024, antara lain The 12th Bali Salon Culinaire Chef’s Competition oleh Bali Culinary Professionals (BCP); The Biggest Sommelier Events in Bali oleh Indonesia Sommelier Association Bali Chapter (ISA); Indonesia Coffee Event (ICE) 2024 oleh Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI), Workshop Gelato oleh Lotus Food Services, serta Carpigiani & Embassy Chocolate.

Baca Juga :  Sirkuit Mandalika Gelar JDM Run 2024, Terbesar di Indonesia

Salah satu acara unggulan terbaru yang juga menarik di FHTB tahun ini adalah upaya pemecahan Rekor MURI: 1000 Koktail dalam 10 Menit yang dilakukan dengan kolaborasi bersama ABI, Multifortuna, Bali Moon, dan Squeeze (PT Prima), didukung oleh Black Bull, Oro Tequilana, dan Cloud Seven. Momen spektakuler ini, tak hanya tentang pemecahan rekor, tetapi juga tentang kebersamaan, kreativitas, dan kolaborasi dari para mixologist berbakat yang akan menunjukan keahlian, koordinasi, dan kerja sama tim yang mengagumkan, untuk menghadirkan pengalaman yang mengesankan bagi pengunjung melalui beragam kreasi Koktail.

Selain acara tersebut, FHTB 2024 juga akan menghadirkan workshop oleh Asosiasi Restaurant & Cafe di Bali, Bittersweet Festival dan workshop Keong Racun atau Arak Racun oleh Forum Fermentasi Nusantara (FERMENUSA), seminar Surplus Food to Combat Food Waste & Food Insecurity oleh Scholars of Sustainable (SOS) Bali, program Networking dan Seminar Industri oleh LPPOM MUI, Pantja Artha Niaga, FHTB Business Matching dan banyak lagi.

FHTB 2024 terus mendukung percepatan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan terutama di Indonesia Timur, dengan menyediakan akses bagi perusahaan unggulan dunia untuk masuk ke peluang pasar Indonesia yang menguntungkan dan terus berkembang.

“FHTB kembali hadir untuk membantu sektor-sektor perhotelan, F&B, dan pariwisata di Indonesia bersinar secara global menuju Indonesia 4.0 di tahun 2030,” tutur Juanita.

Baca Juga :  Pertamina Tambah 130 Ribu Lebih Tabung LPG untuk Pulau Bali

Sejalan dengan hal tersebut, Marketing Communication Manager FHTB 2024, Leonarita Hutama, menerangkan bahwa sebagai bagian dari acara yang berkelanjutan dari PT Pamerindo Indonesia, FHTB 2024 memprioritaskan keberlanjutan yang mengalami peningkatan di kalangan pengunjung, peserta pameran, dan pasar.

“Melalui penyelenggaraan FHTB, Pamerindo Indonesia meningkatkan dampak lingkungan, sosial, dan ekonomi di kota dimana pameran diselenggarakan. Kami berkomitmen pada penyelenggaraan acara yang bertanggung jawab dan mendukung keberlanjutan dalam sektor ini dengan menghubungkan orang-orang dengan jaringan dan pengetahuan untuk mengatasi tantangan keberlanjutan lingkungan,” terangnya.

Untuk itu, beberapa tindakan dilakukan FHTB 2024 guna mengusung dan mendukung keberlanjutan, diantaranya; penghematan energi melalui penggunaan listrik yang terbarukan, pengurangan penggunaan kertas, penggunaan kembali produk yang dapat dipakai ulang di setiap acara, serta penggunaan produk yang berbahan dasar ramah lingkungan.

Saat ini, akses masuk pengunjung melalui pra-pendaftaran telah dibuka di tautan https://www.fhtbali.com/preregistration2024/. Bagi para profesional dan calon pengunjung, bisa segera melakukan pra-registrasi sebelum tanggal 1 Maret 2024, untuk mendapatkan akses masuk gratis selama 3 hari penuh penyelenggaraan FHTB 2024.

Untuk informasi lebih lanjut dapat mengakses www.fhtbali.com atau kunjungi sosial media melalui Instagram (@fhtbali), Facebook (FHTBali), Linkedin (Food, Hotel & Tourism Bali), TikTok (@foodhospitalityindonesia), dan kanal Youtube Food & Hospitality Series_ID.(*/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News