Safety Riding
Duta Safety Riding SMAN Bali Mandara Beria Edukasi #Cari_Aman Kepada Guru-guru. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sebagai duta safety riding, salah satu agenda aktivitas yang dilakukan adalah konsisten melakukan edukasi keselamatan berkendara ke seluruh elemen. Dengan semangat selalu utamakan keselamatan berkendara Astra Motor Bali melalui team safety riding dengan menggandeng duta safety riding dari SMAN Bali Mandara melakukan aktivitas edukasi kepada guru-guru yang bertugas di lingkungan SMAN Bali Mandara. Sebanyak 35 guru yang mendapatkan edukasi #Cari_Aman, Sabtu (3/2/2024) berlokasi di aula sekolah.

Dalam materi yang disampaikan Safety Riding Instructor, Yosepth Klaudius, kepada peserta diingatkan untuk melakukan pengereman yang benar. Ada cara pengereman yang dianjurkan yani menarik tuas dengan empat jari. Untuk rem depan, menarik rem dengan empat jari membuat telapak tangan ke depan. Hal ini akan membuat otomatis gas menutup secara sempurna, sehingga putaran mesin berkurang. Untuk tangan kiri, mengerem dengan empat jari akan memperkuat pengereman dan menjaga kestabilan.

Baca Juga :  Marak Modus Penipuan dengan File APK Mengancam Warga Bali

Saat sedang berkendara disarankan untuk tangan kanan semua jari mengenggam gas dan tidak disarankan untuk jari stanby dituas rem, namun tangan kiri masih diperbolehkan. Untuk pengereman yang benar adalah menggunakan dua tangan secara bersamaan dengan komposisi 60% rem depan dan 40% rem belakang.

Selanjutnya seluruh peserta melakukan praktek yang dipandu oleh para duta safety riding SMAN Bali Mandara. Peserta yang merupakan para guru ini sangat terkesan dengan materi yang disampaikan karena selama ini hal yang paling penting dalam beerkendara adalah pengereman yang ternayata ada tehnik yang wajib diketahui.

Baca Juga :  Buka Gendo Law Office Open Karate Championship 2024, Pj. Gubernur Bali Harap Kejuaraan Tumbuhkan Karakter Karateka Sejati 

PIC Safety Riding & Community Promotion Astra Motor Bali, Ngurah Iswahyudi menyampaikan Kolaborasi antara duta safety riding sekolah dengan Astra Motor Bali sudah berjalan seirama untuk memberikan edukasi secara masiv. Hal ini dalam tujuan menguatkan campaign #Cari_Aman.

“Dengan Semangat Bagi Negeri, edukasi seluruh elemen dilakukan mulai dari para siswa hingga guru-guru pun mendapatkan. Kami berharap dengan sistem kolaborasi ini akan semakin banyak siswa dan juga guru ataupun oBjek lain di lingkungan sekolah akan teredukasi dengan baik tentang keselamatan berkendara sehingga kesadaran tinggi safety riding yang akan membawa keamanan dimulai dari diri sendiri,” ungkap Iswahyudi.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Tinjau Pengerjaan Perataan Lahan Stockpile Mertasari 

Salah satu guru yang ikut dalam edukasi safety riding ini mengungkapkan, sangat senang menerima sharing ilmu ini yang penting dan bermanfaat bagi dirinya terkait ilmu keselamatan berkendara, apalagi penyampaiannya dari duta safety riding yang merupakan murid-murid dari SMAN Bali Mandara dan sangat menyenangkan dan mudah di terima.

“Saya akan menerapkan pada keseharian. Terima kasih Honda yang telah mengajarkan selalu #Cari_Aman,” ucap Kadek Yuli.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News