Pohon Tumbang
Petugas sedang menangani pohon tumbang. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Warga masyarakat Kabupaten Karangasem diimbau untuk melakukan mitigasi bencana secara mandiri di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

Mitigasi secara mandiri ini sangat penting dilakukan agar warga masyatakat bisa mengetahui serta memetakan potensi acaman bencana apa saja yang kemungkinan terjadi di wilayah tempat tinggalnya.

“Misalnya ada pohon tinggi di sekitar tempat tinggal, tentu jika dibiarkan begitu saja nantinya berpotensi tumbang, ini penting dilakukan mitigasi sebelum terjadi untuk antisipasi agar dilakukan pemangkasan secara mandiri untuk mengurangi beban ketika terjadi hujan maupun agin kencang, ” kata Kalaksa BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa, Sabtu (13/1/2024).

Sementara itu, hari ini laporan sejumlah kejadian pohon tumbang akibat angin kencang di wilayah Kabupaten Karangasem kembali diterima oleh BPBD Karangasem, sedikitnya sudah ada tiga laporan kejadian yang masuk hingga sore ini.

Baca Juga :  Usai Nasi Campur 40 Ribu Tanpa Minum Viral, Kini Muncul Unggahan Pemedek Temukan Jajanan Berjamur

Salah satu diantaranya adalah kejadian pohon tumbang di wilayah Jasri. Meski tidak menimbulkan korban jiwa, namun pohon tumbang menyebabkan kerugian materil karena menimpa rumah warga.

Selain itu, dua kejadian lainnya pohon tumbang meutupi badan jalan dan sudah ditangani oleh personel BPBD Karangasem.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News