Pelantikan
Unik, Tempat Pengolahan Sampah Jadi Tempat Pelantikan KPPS di Karangasem. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Ada yang unik pada upacara pelantikan KPPS di Kecamatan Bebandem, Karangasem yang berlangsung hari ini, Kamis (25/1/2024). Dimana, panitia secara khusus menjadikan tempat pengelolaan sampah (TPS) sebagai lokasi acara pelantikan.

Pemilihan TPS sebagai lokasi pelantikan KPPS ini ternyata sengaja dilakukan sebagai bentuk kepedulian penyelenggara pemilu terhadap lingkungan. Disana selain fokus kepada upacara pelantikan, para anggota KPPS juga diberikan pemahaman mengenai cara mengelola sampah khususnya sampah yang dihasilkan dalam proses pelantikan itu.

Menurut Ketua PPK Bebandem, I Wayan Arik Ariasta, selain dituntut untuk menjaga netralitas dan bekerja sepenuh hati untuk mewujudkan pemilu tanpa gugatan di kecamatan Bebandem para KPPS ini juga diajak untuk berperan dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.

“Selain mengambil lokasi pelantikan di TPS, sebelum upacara kita juga lakulan penanaman pohon disekitar TPS sebagai bentuk kepedulian KPU terhadap lingkungan akibat dari penggunaan kertas suara yang berasal dari bahan baku kayu,” kata Ariasta.

Baca Juga :  Tengah Malam, Kijang Hangus Terbakar di Amlapura

Untuk diketahui, hari ini Kecamatan Bebandem melantik KPPS secara serentak di 8 desa, dengan jumlah anggota sebanyak 1.302 KPPS. Pada kesempatan itu, petugas KPPS juga ditekankan agar selama bertugas sesuai dengan azas Pemilu dan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku agar semua tahapan Pungut hitung di TPS berjalan sesuai tahapan dan tidak menimbulkan permasalahan yang bisa menimbulkan PSU (Pemungutan Suara Ulang).(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News