Debat Caleg
Unik! Debat Terbuka Caleg vs Rakyat, Dihadiri Lintas Partai. Sumber Foto : tis/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu, salah satu Caleg DPR RI Dapil Bali nomor urut 4 dari Partai Nasional Demokrat (NasDem), I Wayan Setiawan menggelar debat terbuka antara calon legislatif (caleg) dengan rakyat. Debat yang digelar di Gor POR Yuda, Desa Bongkasa, Badung pada Minggu (21/1/2024) siang ini menghadirkan sejumlah caleg dari lintas partai politik baik yang maju di kabupaten/kota, provinsi, pusat maupun Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Ditemui usai acara, Wayan Setiawan menjelaskan, acara Debat Terbuka Caleg vs Rakyat ini murni tanpa setting-an dan dibiayai sepenuhnya oleh netizen TikTok. Debat terbuka ini dilaksanakan bertujuan untuk memberi ruang kepada para kandidat legislatif maupun DPD. Semua para caleg dari lintas partai politik diundang. Namun yang datang ternyata Caleg yang punya ‘nyali’ menyampaikan gagasan dan visi-misi di hadapan publik langsung.

Baca Juga :  Sukseskan Pilkada Tahun 2024, Sekda Alit Wiradana Hadiri Pelantikan PPK se-Kota Denpasar

“Undangan ini bersifat terbuka bagi seluruh Caleg di Bali, mau datang ya datang, mau tidak ya tidak. Kami menghormati keputusan beliau-beliau itu,” ucap Wayan Setiawan.

Salah satu peserta yang hadir, Anak Agung Ngurah Panji Astika (Turah Panji) selaku Caleg DPRD Provinsi Bali Dapil Tabanan dari Partai Gerindra sangat mengapresiasi acara seperti ini. Ini harus dibuat sebagai budaya baru dalam dunia politik dan dapat mencerdaskan masyarakat, agar caleg-caleg yang akan maju adalah orang-orang yang benar mempunyai kapasitas dan integritas.

Baca Juga :  Semakin Seru, Sumardi Daftar Bakal Calon Bupati Karangasem ke Nasdem

“Orang yang tidak mempunyai kapasitas dan integritas tidak akan berani datang ke sini. Jadi mulai sekarang hilangkan politik transaksional,” ujar Turah Panji.

Senada dengan Turah Panji, Calon DPD-RI Dapil Bali, Niluh Putu Ary Pertami Djelantik mengatakan acara ini bagus sekali, kita bisa langsung tau mana caleg yang memang layak mana yang tidak.

“Niluh Djelantik hadir bukan hanya untuk perempuan saja, tetapi untuk semua rakyat Bali,” ucap Niluh Putu Ary Pertami Djelantik.

Debat terbuka antara caleg dan rakyat ini dinilai sebagai langkah positif dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu. Debat ini memberikan kesempatan bagi rakyat untuk mengetahui visi dan misi caleg serta untuk menyampaikan aspirasinya.(tis/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News