KPU Karangasem
Sosdiklih KPU Karangasem Sasar Pemilih Gen Z. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karangasem menggelar sosialisasi dan pemahaman kepada anak didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Amlapura tentang pemilihan umum Tahun 2024, Kamis (4/1/2024). Sosialisasi tersebut diikuti oleh lebih dari 300 siswa.

Dalam sosialisasi tersebut, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat (Parmas), dan SDM KPU Kabupaten Karangasem, I Kadek Sukara, menekankan kepada para siswa yang telah genap berusia 17 tahun pada 14 Februari 2024 nanti akan mendapatkan 5 surat suara pada pemilihan nanti. Surat suara tersebut adalah surat suara Presiden dan Wakil Presiden (warna abu-abu), surat suara DPR RI (warna kuning), surat suara DPD (warna merah), surat suara DPRD Provinsi (warna biru), dan surat suara DPRD Kabupaten (warna hijau).

Baca Juga :  Giliran Kantor Desa Budakeling Dibobol Maling

I Kadek Sukara juga menekankan kepada para siswa untuk tidak ragu untuk ikut berkontribusi menentukan arah bangsa Indonesia 5 tahun ke depan dengan cara memilih wakilnya di berbagai tingkatan.

“Gunakan hak pilih dengan sebaik mungkin, kenali para calonnya dengan baik. Pemilih dari kalangan pelajar yang lebih dikenal sebagai Gen Z itu juga diharapkan cerdas untuk menentukan pilihan secara mandiri, dengan menjadi pemilihan yang rasional,” kata I Kadek Sukara.

Ia melanjutkan, hakekat dari pemilu ialah untuk mencegah orang yang jahat menjadi pemimpin, makanya berkontribusi dengan jalan menggunakan hak pilih. Sebab, pemilu sebagai ajang konflik yang sah dan legal dalam pergantian atau mempertahankan kekuasaan.

I Kadek Sukara juga memberikan strategi pendekatan lain dalam menentukan pilihan saat pemilu. Strategi tersebut adalah dengan teori, jika tidak ada yang terbaik pilih yang baik, dari sekian calon pasti ada orang yang baik. Minimal calon yang akan kita pilih, sisi negatifnya lebih sedikit.

Baca Juga :  NKA Tahun 2023, Undiksha Sabet Dua Penghargaan Terbaik dari Kemdikbudristek

Untuk mengetahui informasi tentang kepemiluan, I Kadek Sukara mengatakan, masyarakat dapat mengakses digital WA Chat Bot Pemilu 08112024214. Banyak informasi yang bisa didapatkan di sana, mulai kapan pemilihan, berapa jumlah partai politik, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT), dan syarat memilih.

Selain itu, masyarakat juga bisa cek melalui sekretariat PPS di Kantor Kelurahan/PPLN atau secara mandiri cek di kanal cekdptonline.kpu.go.id.

Sosialisasi tersebut disambut baik oleh para siswa. Mereka mengaku mendapatkan banyak informasi baru tentang pemilu. Mereka juga mengaku akan menggunakan hak pilihnya dengan sebaik-baiknya.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News