Pohon Keramat
Rumah Warga di Desa Duda Utara Ditimpa Pohon Cempaka Keramat. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Sebuah pohon cempaka tua yang dikeramatkan oleh warga, tumbang menimpa bangunan rumah milik Nyoman Simpen Arta di Banjar Dinas Karangsari Kelod, Desa Duda Utara, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem, pada Minggu (7/1/2024) sore.

Informasi yang diperoleh, pohon setinggi 20 meteran tersebut berada di dekat Pura Dalem setempat, pohon itu tumbang sekitar pukul 18.00 WITA ke arah barat hingga menutup jalan dan menimpa bangunan rumah milik warga.

Saat kejadian, seluruh penghuni rumah yang berjumlah sebanyak 4 orang sedang berada di rumah, syukurnya peristiwa pohon tumbang tidak sampai menimbulkan korban, seluruh penghuni runah selamat, hanya mengalami kerugian materil yang ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

“Diduga karena akar lapuk dan tanah di lokasi labil mengingat sebelumnya sempat turun hujan di wilayah tersebut, tadi personel BPBD bersama Camat, Prangkat Desa, Babin dan warga sekitar gotong royong melakukan penanganan,” kata Kalaksa BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa, Senin (8/1/2024).

Baca Juga :  Lalin di Depan Kantor Camat Selat Disebut Mirip Luar Negeri

Sementara itu, menurut salah satu warga, pohon cempaka tersebut cukup dikeramatkan oleh warga. Pada batang pohon sejak dulu dipasangi kain bahkan di dekat pohon tersebut juga dibangun sebuah pelinggih. Dari cerita yang beredar, dulu pohon tersebut sempat mau dirobohkan menggunakan alat berat saat pelebaran jalan, namun gagal karena saat hendak dirobohkan justru alat berat yang mati waktu itu.

“Ya menurut cerita pohon ini dikeramatkan warga, batangnya dipasangi kain selain itu dekat pohon juga di bangun sebuah pelinggih. Menurut cerita dulu pohon cepaka ini katanya sempat mau dirobohkan waktu pelebaran jalan, tapi gagal karena waktu mau dirobihkan alat berat tiba-tiba mati,” kata Bawa salah seorang warga.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News