Presslist
Presslist 14 & YSA 9, Luncurkan Website KBRF dan Highlight Riset Bidang Penelitian Madyapadma 2023. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Madyapadma Journalistic Park kembali menghadirkan Presslist (Appreciation of Sineas and Journalist) dan Youth Sineas Award (YSA) dalam upaya memberikan wadah bagi bakat emas generasi muda Indonesia.

Presslist 14, yang akan diselenggarakan secara offline pada 6 Januari 2024 di SMA Negeri 3 Denpasar, mengangkat tema ‘Meneguhkan Ke-Indonesiaan, Merajut Kemanusiaan, Perdamaian, dan Berkeadilan Sosial’.

Ketua Panitia Presslist 14, Ni Nyoman Lavanya Iswari Devi, menjelaskan bahwa tema ini dipilih sebagai respons terhadap masalah sosial yang melanda Indonesia saat ini. Puncak acara Presslist 14 ini akan diikuti dengan YSA 9, yang akan dilaksanakan secara online pada 11 Januari 2024.

Salah satu inovasi menarik dalam Presslist 14 adalah Peluncuran Website KBRF (Kantor Berita Radio Features) dan Highlight Riset Bidang Penelitian Strategis Madyapadma 2023. KBRF Madyapadma, yang telah berusia 11 tahun, akan melakukan re-branding dalam bentuk website. Website ini akan menjadi sumber berita feature radio yang dilengkapi dengan teks, suara, dan video dokumenter.

Baca Juga :  KPU Umumkan Syarat Dukungan Bakal Calon Perseorangan Pilkada Bali 2024

Ni Putu Hana Serena Yenita  menekankan bahwa website KBRF Madyapadma akan menjadi yang pertama dimiliki oleh anak SMA.

“Madyapadma berencana mengembangkan sayap dengan menempatkan reporter di beberapa kota besar di Jawa dan bahkan menjajaki ekspansi ke luar negeri seperti London dan Australia,” ungkapnya.

Dalam bidang penelitian, Madyapadma aktif terlibat dalam sepuluh bidang penelitian strategis. Pada Presslist 14, mereka akan menampilkan hasil penelitian yang mencakup series rompi anti peluru, bioavtur, dan nanotube. Risa, pemimpin desk Technopreneur Madyapadma, menegaskan bahwa penelitian ini muncul dari semangat dan nilai juang tinggi untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat dan pemerintah.

Sementara itu, Madyapadma tidak hanya berfokus pada dunia jurnalistik dan penelitian, melainkan juga aktif dalam kegiatan sosial. Kegiatan MP Berbagi, yang berlangsung sejak 29 Desember 2023, bertujuan membantu masyarakat yang masih kesulitan ekonomi pasca pandemi Covid-19. Bintang Adhika Santosa (16), koordinator Bidang MP Berbagi, menekankan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran sosial remaja terhadap kondisi ekonomi di sekitar mereka.

Presslist 14 juga menampilkan lomba jurnalistik untuk pelajar se-Bali, dengan 37 peserta dari berbagai bidang. Nominasi terbaik di antaranya diraih oleh pelajar dengan karya-karya menarik, seperti I Gusti Agung Putri Cantika Pradnyaswari, Ni Putu Sri Wulan Purnami Dewi, dan Putu Mada Layana Sita.

Baca Juga :  Pertamina Patra Niaga Tetap Salurkan Pertalite Sesuai Kuota Pemerintah di Tahun 2024

Rangkaian acara Presslist 14 ini juga mencakup peluncuran 9 buku hasil karya anak Madyapadma, pameran HaKI (Hak atas Kekayaan Intelektual), dan lomba film fiksi dan dokumenter dalam YSA 9. Lomba film ini, yang diikuti oleh 200 film dari 16 provinsi, menunjukkan semangat anak muda dalam berkarya di tengah tantangan pandemi. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News