Bedah Rumah
Pemkab Buleleng Anggarkan 135 Unit Perbaikan RTLH Tahun Ini. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Perbaikan kualitas Rumah Tidak Layak Huni terus digencarkan Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimta) Kabupaten Buleleng. Pasalnya, pada tahun ini sebanyak 135 unit akan disalurkan pada triwulan pertama.

Kepala Disperkimta Buleleng, Ni Nyoman Surattini saat dikonfirmasi, Senin (29/1/2024) mengatakan bahwa tahun ini, Disperkimta Buleleng menggangarkan 135 unit RTLH yang dibagi menjadi 3 kategori, yaitu 117 unit untuk perbaikan RTLH di luar kawasan kumuh, 5 unit untuk perbaikan RTLH bencana alam dan 13 unit pada kawasan kumuh dengan total anggaran Rp2.637.500.000.

Baca Juga :  Pagi Motley Peragakan Busana Berpewarna Alami di HUT Kota Singaraja

“Setelah diverifikasi dari tahun lalu, terdapat 2.200 unit yang sudah terdata di aplikasi Si Permata terkait ajuan RTLH dari masing-masing desa. Namun karena keterbatan anggaran, tahun ini baru bisa dianggarkan 135 unit saja. Semoga nantinya ada bantuan dari pusat juga sehingga bantuan bisa lebih banyak lagi,” tegasnya.

Kadis Surattini menjelaskan bahwa masing-masing perbaikan RTLH itu memiliki nominal berbeda, yakni untuk perbaikan RTLH kawasan kumuh dan di luar kawasan kumuh mendapat anggaran Rp20 juta, sedangkan untuk perbaikan RTLH akibat bencana alam mendapat Rp10 juta per unitnya.

Baca Juga :  Pj Bupati Buleleng Apresiasi Rekomendasi DPRD terkait LKPJ Tahun 2023

“Setelah melalui berbagai tahapan verifikasi, kemungkinan akhir triwulan ini sudah bisa direalisasikan. Karena sistemnya bansos jadi agak lama tahapannya,” imbuhnya.

Secara teknis, Kadis Surattini menegaskan bahwa pemohon RTLH ini berdasarkan dari inputan pihak desa melalui aplikasi Si Permata. Dimana masing-masing desa wajib input data pemohon bantuan ke Si Permata. Di aplikasi ini akan didata dan diverifikasi sesuai data DTKS dari Dinas Sosial Kabupaten Buleleng sebelum disurvei nantinya.

Pihaknya berharap, program ini bisa berjalan sesuai dengan harapan. Sehingga apa yang dicanangkan melalui program pemerintah dapat mengurangi beban masyarakat khususnya di Kabupaten Buleleng untuk memperbaiki kehidupannya agar lebih baik lagi ke depannya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News