Buku Tamu Digital
Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar, AA Gede Wiratama meluncurkan Buku Tamu Digital di SDN 2 Penatih, Jumat (5/1/2024). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar meluncurkan Buku Tamu Digital di SDN 2 Penatih. Peluncuran ini dilakukan oleh Kadisdikpora Kota Denpasar, AA Gede Wiratama.

“Digitalisasi sekolah ini sangat penting dan menjadi target kita. Lalu kita juga mendorong peningkatan kualitas SDM, kita juga mendorong prestasi akademis. Lalu tidak lupa mendorong prestasi non akademis dari peserta didik, baik di sisi olahraga, kesenian dan lain-lain,” ucap Kadisdikpora Kota Denpasar, AA Gede Wiratama, usai meluncurkan Buku Tamu Digital di SDN 2 Penatih, Jumat (5/1/2024).

Menurut Wiratama, jika semakin banyak atau semakin kuat digitalisasi sekolah, peserta didik akan dapat mengakses konten-konten kurikulum yang baik. Ia menyebutkan langkah-langkah yang dilakukan yakni mendorong guru segera membuat konten kurikulum yang menarik. Lalu membuat metode pembelajaran yang menarik inovatif dan kreatif sehingga peserta didik lebih bersemangat di sekolah.

Wiratama mengapresiasi langkah SDN 2 Penatih dalam mendorong digitalisasi sekolah dengan terlebih dahulu meningkatkan kompetensi guru. Hal tersebut menurutnya akan menjadi perhatian Disdikpora Kota Denpasar melalui pendidikan dan pelatihan untuk peningkatan kompetensi guru termasuk sarana prasarana pembelajaran lainnya.

Baca Juga :  Safari Ramadhan APJII Bali Nusra, Mempererat Silaturahmi dan Peduli pada Sesama

“Digitalisasi sekolah adalah kunci untuk membuka pintu menuju masa depan pendidikan yang lebih menarik dan inovatif. Dengan memanfaatkan teknologi digital, kita dapat merangsang semangat belajar dan memberikan akses pendidikan yang lebih luas. Mari bersama-sama memanfaatkan era digital ini untuk membentuk generasi yang lebih siap menghadapi kemajuan teknologi yang semakin canggih,” serunya.

Peluncuran Buku Tamu Digital juga diisi dengan sosialisasi sosialisasi Program Digitalisasi dan Sistem Informasi Sekolah Sehat (Si Sekat) oleh tim SMP Sapta Andika Denpasar yang dinakhodai I Gede Eka Nuryada, dan Kepala SD Negeri 9 Padangsambian, I Ketut Budiarsa.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Serahkan 1.444 SK PPPK Hasil Seleksi Tahun 2023, Kembali Usulkan 4.602 Formasi di Tahun 2024

Eka Nuryada menyampaikan terkait aplikasi yang diberi nama media pembelajaran berbasis android (Melanoid) dengan fitur-fitur yang lengkap ini akan membantu dalam proses belajar mengajar (PBM) di satuan pendidikan. Sementara Ketut Budiarsa menyampaikan terkait Si Sekat (sistem informasi sekolah sehat yang tujuan website tersebut untuk memantau dan mengelola kesehatan siswa serta kondisi lingkungan sekolah yang berdampak pada kesehatan.

Kepala SDN 2 Penatih, Ni Wayan Sri Sukanadi, mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemkot Denpasar melalui Disdikpora Kota Denpasar yang tak pernah henti memperhatikan keberlangsungan dan keberlanjutan sarana prasara dan proses belajar mengajar di SDN 2 Penatih. Menurutnya, sudah saatnya dengan fasilitas gedung yang baru dibalas dengan pelayanan pendidikan yang maksimal.

Baca Juga :  BRI Regional Office Denpasar Bagikan Ribuan Sembako kepada Masyarakat Sekitar

Salah satunya dengan mengedepankan program digitalisasi yang menjadi kunci untuk membuka pintu menuju masa depan pendidikan yang lebih menarik dan inovatif. Dengan memanfaatkan teknologi digital, kita dapat merangsang semangat belajar dan memberikan akses pendidikan yang lebih luas.

“Mari bersama-sama memanfaatkan era digital ini untuk membentuk generasi yang lebih siap menghadapi kemajuan teknologi yang semakin canggih, tanpa meninggalkan seni dan budaya. Karena kemajuan pendidikan juga tak terlepas dari pelestarian budaya. Seni budaya, juga bagian dari pembentukan karakter positif anak, karenanya pendidikan karakter sangat penting dan seni untuk memperhalus diri,” pungkasnya.(pu/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News