SMP
Miliki Segudang Prestasi, Kepala SMPN 6 Singaraja Bagikan Kiatnya Dalam Berinovasi. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Kepala SMPN 6 Singaraja, Nyoman Sudiana, memaparkan kiat suksesnya dalam memimpin sekolah hingga mencapai prestasi gemilang di tingkat provinsi dan nasional. Prestasi tersebut tidak hanya oleh siswa, namun juga oleh tenaga pendidik. Hal itu terungkap dalam episode terbaru podcast B-Kom bertajuk ‘SMP Negeri 6 Singaraja Miliki Segudang Prestasi’, Selasa (16/1/2024).

Sudiana dengan antusias berbagi tentang program dan inisiatif yang tengah dijalankan oleh SMP Negeri 6 Singaraja. Fokus utama mereka adalah mengembangkan minat, kemampuan akademis, dan non-akademis siswa, serta menyediakan akses ke sumber daya literasi. Inovasi di perpustakaan dan kelas, serta prestasi luar biasa siswa dalam berbagai kompetisi, juga menjadi sorotan dalam podcast tersebut.

Baca Juga :  Rakor Penanggulangan Kemiskinan, Bappeda Buleleng Catat Penurunan Angka Kemiskinan

“Kami tidak hanya menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, tetapi juga memastikan setiap siswa dapat mencapai potensinya,” ungkap Sudiana.

Ia menyoroti pentingnya menciptakan atmosfer belajar yang mendukung, di mana pengalaman sebelumnya menjadi kunci keberhasilan.

SMP Negeri 6 Singaraja, yang berada di Pulau Bali dan memadukan ajaran Tri Hita Karana pada Agama Hindu dengan Kurikulum Merdeka berbasis karakter, menghadapi tantangan unik dengan lebih dari 1000 siswa dan 150 guru dan staf. Meski demikian, dirinya menegaskan komitmen untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran siswa dengan pendekatan kolaboratif dan non-paksa.

“Kami fokus pada harmoni antar siswa, serta antara siswa dan guru. Dengan membina disiplin lokal dan keagamaan, berkoordinasi harmonis, dan menciptakan kenyamanan bagi siswa, semua itu menjadi fondasi kelancaran proses pembelajaran,” terangnya.

Baca Juga :  Dipecat Jadi Polisi, Kadek Beralih Profesi Jadi Maling Motor

Penting untuk dicatat bahwa sementara prestasi dan penghargaan menjadi bagian dari perjalanan sekolah, tujuan utama SMP Negeri 6 Singaraja kata Sudiana tetap berpusat pada pengembangan sekolah secara menyeluruh. Akhir kata, Sudiana berharap inspirasi dan semangatnya dapat memberikan dorongan positif bagi sekolah lain yang juga berusaha mencapai keunggulan dalam pendidikan.

Sekadar informasi, SMPN 6 Singaraja memiliki segudang prestasi, antara lain diperoleh Sudiana sendiri yaitu Kepala Sekolah Inovatif Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2023. Selain itu, jajaran guru juga meraih sejumlah prestasi nasional seperti Predikat A Kejuaraan Sains Nusantara Tahun 2023, dan Lomba Karaoke PGRI di RRI Singaraja Tahun 2023. Tentu para siswa juga memiliki ratusan prestasi baik akademik maupun non-akademik.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News