Senam
Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, bersama Ketua GOW Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa hadir dalam kegiatan senam bersama lawan osteoporosis, Sabtu (27/1/2024) di Banjar Kertha Bhuwana, Dangri Kangin. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kegiatan senam melawan osteoporosis yang di gelar di Desa Dangin Puri (Dangri) Kangin, Kecamatan Denpasar Utara ditinjau Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Sabtu (27/1/2024) bertempat di Banjar Kertha Bhuwana, Dangri Kangin.

Kegiatan yang diikuti para lansia dan ibu-ibu PKK desa setempat tampak dihadiri pula Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, dan Perbekel Dangri Kangin, I Wayan Sulatra, serta Ketua TP PKK desa setempat.

Ketua TP PKK Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara di sela-sela kegiatan menyampaikan, kegiatan senam ini menjadi ruang edukasi bagi lansia dan juga ibu-ibu PKK di Desa Dangri Kangin. Edukasi ini berkaitan dengan menjaga gizi keluarga, di samping mengkonsumsi makanan sehat, juga melakukan kegiatan fisik ringan hingga sedang.

“Program senam yang melibatkan latihan kekuatan dan berat dapat membantu mencegah atau mengelola osteoporosis pada lansia,” ujar Ny. Antari Jaya Negara.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Gencarkan Pelaksanaan Fogging, Sekda Alit Wiradana Tinjau Fogging di Desa Sidakarya

Lebih lanjut istri Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara juga menyampaikan, kegiatan senam bersama ini berkaitan dalam program pokok PKK Denpasar. Kegiatan posyandu yang memberikan pelayanan kesehatan dasar, terutama bagi ibu dan anak.

Di samping itu juga dalam progam pangan keluarga yang Mendorong gizi seimbang, edukasi dan pendampingan. Perempuan dapat terlibat dalam program pangan keluarga untuk memberikan edukasi gizi, mengelola dapur siaga, dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya makanan bergizi. Kader PKK ditingkat lingkungan banjar yang ada di Kota Denpasar sangat berperan aktif membantu menyebarkan informasi, mengorganisir kegiatan, dan memberikan dukungan dalam berbagai program pembangunan.

Baca Juga :  Dishub Denpasar Antisipasi Arus Balik Lebaran, Pastikan Kelancaran Pintu Masuk Hingga Pelabuhan Laut Pengumpan Lokal

“Melalui peran aktif perempuan di tingkat banjar, gerakan PKK dapat lebih efektif dalam mencapai tujuan pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan keluarga,” ujarnya.

Sementra Perbekel Dangri Kangin, I Wayan Sulatra menyampaikan, kegiatan senam osteoporosis bersama menjadi agenda sinergi Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) Kota Denpasar.

“Sinergi ini bersama pengurus Purwatusi Denpasar yang dipimpin Ibu Prida Dewi, serta dukungan dari salah satu susu kesehatan untuk osteoporosis,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, di samping itu juga dilaksanakan ruang diskusi yang melibatkan Prof. Dr. dr. I Ketut Suyasa, Sp.B,Sp.OT (K) membahas terkait kesehatan tulang. Ia juga mengharapkan rutinitas olahraga ini membantu meningkatkan sirkulasi darah, menjaga fleksibilitas, dan memberikan energi. Selain itu, konsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan, sayuran, dan protein seimbang, juga penting untuk mendukung kesehatan.

Baca Juga :  Tingkatkan Prestasi, Pengurus Taekwondo Indonesia Provinsi Bali untuk Masa Bakti 2024-2028 Resmi Dilantik

“Kegiatan dalam menjaga kesehatan bersama masyarakat, Desa Dangri Kangin juga rutin menggelar Posyandu Lansia, Posyandu Balita, dan akan segera melaksanakan Posyandu Remaja, serta kami ucapkan terima kasih ts semangat lansia dan juga ibu-ibu PKK dalam mejaga kesehatan,” ujarnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News