Jalan
Kepala Dinas PUPR - Perkim Kabupaten Karangasem, Wedasmara. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Persoalan jalan rusak masih menjadi catatan penting bagi Pemerintah Kabupaten Karangasem memasuki tahun 2024. Terhitung, hingga saat ini masih ada ratusan kilometer jalan Kabupaten yang masih membutuhkan perbaikan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, dari total ruas jalan Kabupaten sepanjang 1.200 kilometer, sekitar 230 kilometer diantaranya dalam kondisi rusak alias membutuhkan perbaikan. Hanya saja, dengan keterbatasan anggaran yang ada, tahun 2024 ini sehingga tidak banyak ruas jalan yang bisa diperbaiki.

Kepala Dinas PUPR – Perkim Kabupaten Karangasem, Wedasmara, kepada wartawan, Senin (30/1/2024) mengungkapkan, pada tahun 2024 ini Dinas PUPR Karangasem mendapat anggaran sekitar Rp50 miliar untuk pembiayaan yang meliputi pengawasan, pemeliharaan dan proyek perbaikan jalan serta pembangunan satu jembatan box culvert di wilayah Kecamatan Abang.

“Untuk perbaikan ruas jalan ada sekitar 17 paket proyek, ini tersebar di seluruh kecamatan, paling banyak di Kecamatan Kubu ada 4 proyek,” kata Wedasmara.

Baca Juga :  Nasib di Ujung Tanduk, Puluhan Sopir Kontrak Pemda Karangasem Minta Keadilan dan Kesempatan Jadi PPPK

Dengan anggaran dan paket proyek yang ada, Wedasmara memperkirakan hanya mampu memperbaiki sekitar 35 kilometer jalan yang rusak. Dengan jumlah tersebut, ia mengakui pada tahun 2024 ini masih cukup banyak menyisakan jalan rusak, namun demikian setidaknya mampu mengurangi jalan rusak di Karangasem.

“Dengan terbatasnya anggaran yang ada, tentu untuk jalan yang diperbaiki dipilih berdasarkan skala prioritas dengan kondisi jalan yang paling parah serta merupakan akses utama masyarakat untuk melakukan aktivitas sehari-hari,” pungkasnya.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News