Pasar Singamandawa
Bupati Bangli Resmikan Pasar Singamandawa. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Bupati Bangli, Sedana Arta beserta Ny. Sariasih Sedana Arta didampingi Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar beserta Ny. Suciati Diar menghadiri acara peresmian Pasar Singamandawa tahap ll (Pasar Tematik Wisata) pada Senin (15/1/2024) di Desa Kintamani, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli.

Sedana Arta dalam sambutannya mengatakan, sesuai visi Pembangunan Kabupaten Bangli yaitu ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali di Kabupaten Bangli Melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana demi mewujudkan Bangli Era Baru’ dimana bagian terpenting dari visi tersebut adalah menjamin terpenuhinya kebutuhan pangan, sandang, dan papan dalam jumlah dan kualitas yang memadai bagi kehidupan krama Bangli, melalui kemandirian pangan, dan mengembangkan pusat ekonomi kerakyatan.

“Maka upaya saya untuk merealisasikan visi tersebut adalah melalui pemerataan pusat perekonomian di seluruh Kabupaten Bangli dengan melakukan revitalisasi sentra ekonomi yaitu salah satunya adalah pasar. Dimana pasar yang selama bertahun-tahun sebelumnya belum pernah tersentuh pembangunan adalah Pasar Singamandawa Kintamani yang notabene adalah pusat ekonomi masyarakat di Kecamatan Kintamani dan kawasan Bangli Utara pada umumnya,” ujarnya.

Dengan semangat melompat dalam membangun Bangli, pihaknya mencari peluang untuk dapat mengembangkan potensi-potensi yang ada di Kabupaten Bangli agar tidak selamanya Kabupaten Bangli selalu terbelakang jika dibandingkan kabupaten/kota lain di Provinsi Bali.

Baca Juga :  Pemprov Bali Hadir, Bantu Tiga Krama Bangli Miliki Rumah Layak Huni

Salah satu peluang potensi yang didapatkan adalah mengembangkan Pasar Singamandawa Kintamani, menjadi pasar sekaligus menjadi daya tarik wisata baru di Kabupaten Bangli.

“Dimana menurut pandangan kami hal tersebut sangat memungkinkan dengan melihat lokasi pasar yang berada pada tempat dengan view langsung ke Gunung dan Danau Batur yang merupakan salah satu objek wisata yang sudah terkenal di seluruh manca negara. Sehingga sangat memungkinkan untuk pengembangan Pasar Singamandawa selain sebagai pusat ekonomi masyarakat juga menjadi salah satu daya tarik wisata baru di Kintamani,” tambahnya.

Pembangunan pasar sangat mutlak harus dilakukan walaupun dengan kondisi APBD Kabupaten Bangli yang sangat kecil.

Berdasarkan hal tersebut, maka Sedana Arta mencari solusi untuk pengembangan pasar tersebut melalui pengajuan dana ke Pemerintah Pusat yaitu melalui Dana DAK Bidang Perdagangan. Gayung bersambut, setelah melalui proses yang sangat panjang maka usulan dana untuk Pembangunan Pasar Singamandawa Kintamani disetujui oleh Pemerintah Pusat dan Kabupaten Bangli mendapat Alokasi Anggaran sebesar Rp75.000.000.000,- pada tahun anggaran 2023.

Dengan semangat Jengah Membangun Bangli, apa yang menjadi harapan dari seluruh masyarakat Bangli bisa terwujud, dimana dari puluhan tahun yang lalu Pasar Singamandawa Kintamani sama sekali belum tersentuh pembangunan, namun kini masyarakat Kintamani dapat memiliki pasar yang lebih representatif dan juga merupakan Pasar Tematik Wisata yaitu dengan Bangunan Atas Pasar yang dapat menjadi objek daya tarik wisata baru di Kecamatan Kintamani untuk masyarakat melakukan spot foto yang Instagramable.

Baca Juga :  Wabup Diar Buka Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik Desa Tahun 2024 di Kabupaten Bangli

Selanjutnya Bupati Bangli berharap kepada masyarakat dan stakeholder terkait agar saling bersinergi memanfaatkan serta menjaga bangunan pasar tersebut sehingga dapat menjadi sentra perekonomian yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Kintamani pada khususnya dan masyarakat Kabupaten Bangli pada umumnya.

“Pengelolaan pasar harus dioptimalkan, serta mulai saling bersinergi untuk meningkatkan potensi pendapatan daerah dari Retribusi pasar sehingga dapat mendukung pembangunan di Kabupaten Bangli,” ajaknya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangli, I Wayan Gunawan dalam kesempatannya mengatakan, Pasar Singamandawa merupakan salah satu pasar rakyat di Kabupaten Bangli yang posisinya sangat strategis yaitu berada di kawasan daerah tujuan wisata (DTW). Selain tempat yang strategis, Pasar Singamandawa juga merupakan pasar tertua di Kabupaten Bangli dan juga bersejarah.

Baca Juga :  Bupati dan Forkopimda Bangli Kampanyekan Anti Korupsi dengan Semangat dan Kreativitas

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh tim yang telah berkontribusi dan berperan aktif ikut serta dalam suksesnya pembangunan Pasar Singamandawa ini,” ujarnya.

Suksesnya pembangunan Pasar Singamandawa ini dikerjakan oleh rekanan PT. Tunas Jaya Sanur dengan perjanjian kontrak per-Tgl 28 Februari dan sesuai rentan waktu pengerjaan akan selesai pada  24 Desember 2023 (300 Hari pengerjaan).

Pihaknya juga telah melakukan perjanjian kontrak dengan konsultan pengawas yaitu PT. Dimensi Romakon dengan rentan waktu yang sama, dengan terbangunnya Pasar Singamandawa tersebut pihaknya yakin akan menjadi pasar yang fungsional dengan menampung lebih dari 700 pedagang dengan berbagai komuniti.

“Kami berharap pasar ini bisa maju kedepannya dan salah satu pasar yang menjadi daerah tujuan wisata di Kabupaten Bangli,” tutupnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD  beserta Anggota DPRD Kabupaten Bangli, Sekretaris Daerah Kabupaten Bangli, Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bangli, para Camat se-Kabupaten Bangli, Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Bangli, Direktur PT. Tunas Jaya Sanur, Direktur PT. Tata Rencana Hijau, Perbekel se-Kecamatan Kintamani, Tokoh Masyarakat dan para tamu undangan lainnya.(an/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News