Yadnya
Wujud Cihna Bhakti, Bupati Tabanan Apresiasi Karya Atiwa-tiwa Desa Adat Pacung. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Di tengah rutinitas menjalankan roda Pemerintahan, bersamaan dengan kesibukannya dalam pelaksanaan Karya Agung Panca Wali Krama di Kantor Bupati Tabanan, selaku Pimpinan Daerah, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M., tetap menjalankan komitmennya mendampingi masyarakat dalam membangun Karya. Pihaknya beserta jajaran hadir dalam Uleman Nyaksi Upacara Pitra Yadnya Ngaben Massal Desa Adat Pacung di Balai Banjar Desa Adat Pacung, Desa Baturiti, Kecamatan Baturiti, Tabanan, Selasa (26/12/2023).

Terhitung sudah 63 kali Bupati Sanjaya selaku Murdaning Jagat, hadir nyaksi Karya Agung yang dilakukan masyarakat. Ini sebagai wujud dukungan Pemerintah, saling bersinergi dengan masyarakat melalui pembangunan terstruktur, secara sekala dan niskala. Saat itu kehadirannya didampingi oleh Asisten Pembinaan Kejaksaan Tinggi Bali, Sekda, Para Kepala OPD dan Kepala Bagian terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, Camat Baturiti, MDA Kecamatan, Perbekel dan Bendesa Adat setempat.

Baca Juga :  JNE Terima Penghargaan Tebar Sejuta Al Quran dari Baitul Maal Hidayatullah

Dalam Karya yang dimulai sejak 12 Desember lalu dan puncak acaranya dilangsungkan pada 28 Desember mendatang, sebanyak 23 Sawa yang terdiri dari 13 wanita dan 10 pria turut diabenkan dalam karya atiwa-tiwa tersebut. Masing-masing sawa dibebankan biaya urunan sebesar kurang-lebih Rp12 juta. Dilanjutkan dengan keikutsertaan sawa ngelangkir sebanyak 23 diri dengan biaya masing-masing 200 ribu rupiah dan 3 diri ngelungah dengan biaya sebesar Rp400 ribu.

Tak hanya itu, Karya Pitra Yadnya tersebut juga dirangkaikan dengan Karya Manusa Yadnya, yakni metatah/mesangih dengan jumlah peserta sebanyak 39 orang dan biaya yang dikenakan masing-masing sebesar Rp250 ribu. Lebih kurangnya mendapat urunan dari warga setempat dari total 313 KK. Karya dipuput oleh Pandita Mpu Siwadaksa Natha Pramasadhu saking Griya Agung Lingga Buana Pemacekan Sangeh Badung.

Di kesempatan itu, kehadiran Bupati dan jajaran disambut meriah dan penuh kehangatan. Selain memberikan apresiasi yang sangat baik terhadap Karya yang sudah rutin berlangsung setiap 3 tahun sekali dan masuk dalam perarem adat, Bupati Sanjaya juga berkesempatan menjelaskan terkait filosofi dan esensi dari Upacara Atiwa-tiwa sebagai implementasi umat Hindu Bali dalam menjalankan Yadnya, atau yang disebut dengan Korban Suci. Hal tersebut karena kewajiban yang melekat dalam diri kita, bahkan sedari manusia dilahirkan untuk menjalankan Panca Yadnya, termasuk Pitra Yadnya dan Manusa Yadnya yang berlangsung pada hari ini.

“Astungkara, saya salah satu yang diberi kesempatan oleh Ida Sang Hyang Widhi Wasa, ngupasaksi banyak sekali upacara. ini adalah wujud Bhakti kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, Para Leluhur dengan melakukan ritual pengabenan ini. Banyak cara dalam melakukan ritual ini, bersyukur di jaman sekarang sudah ada ngerombo atau gotong-royong, melaksanakan yadnya sangkaning lascarya,” jelasnya siang itu.

Baca Juga :  Purnama Sasih Jiyestha, Bupati Tabanan Sembahyang Bersama di Padmasana Kantor Bupati dan Pura Luhur Batukau

Bagi Sanjaya, ini adalah perwujudan Cihna Bhakti. “Ritatkala kita saling asah, asih, asuh, baik Pemerintah sareng masyarakat, dalam menjalankan Visi Tabanan sekadi Paduraksa. Pemerintah mengayomi yang di bawah dan masyarakat berkontribusi dengan pembangunan yang dilakukan Pemerintah,” imbuhnya. Pelaksanaan karya juga harus memenuhi kesempurnaan Tri

Upa Saksi, yang menjadi landasan kehadiran Murdaning Jagat siang itu, agar karya yang berlangsung termasuk dalam karya yang Satwika.

Bendesa Adat Pacung, I Made Kariawan, mewakili warga desa Adat Pacung memberikan sambutan hangat bagi kehadiran jajaran siang itu.

Baca Juga :  Silaturahmi ke PDI Perjuangan Tabanan, Golkar Tabanan Diajak Makan Siang Bersama

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak Bupati, telah menyempatkan hadir, ngupasaksi karya sampai memberikan perhatian dan bantuan kepada kami. Kehadiran Bapak mampu meringankan pelaksanaan Karya Atiwa-tiwa hari ini. Semoga bisa berjalan dengan lancar, memargi antar, labda karya sida sidaning don,” terangnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News