Perpustakaan
Tingkatkan Literasi Masyarakat, Pemkot Denpasar Resmikan Perpustakaan Semi Kontainer. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemerintah Kota Denpasar kini memiliki perpustakaan semi kontainer yang dilengkapi dengan ratusan ragam buku bacaan. Peresmian perpustakaan semi kontainer ini oleh Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa ditandai dengan pengguntingan pita, Minggu (3/12/2023) di Taman Janggan, Desa Sumerta Kelod, Kecamatan Denpasar Timur.

Keberadaan perpustakaan semi kontainer untuk mendekatkan pelayanan akses bacaan serta meningkatkan literasi di masyarakat. Hadir pula dalam kesempatan ini Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, Bunda Literasi, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, dan Ketua DWP Denpasar, Ny. I.A Widnyani Wiradana.

Baca Juga :  Peringati May Day, Pemkot Denpasar Bersama Serikat Pekerja Akan Gelar Pentas Budaya Hingga Pembagian Doorprize

“Perpustakaan semi kontainer sebagai salah satu inovasi Pemkot Denpasar untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya anak-anak dalam meningkatkan minat dan budaya membaca buku,” ujar Wakil Wali Kota Arya Wibawa disela-sela meresmikan perpustakaan semi kontainer.

Lebih lanjut disampaikan keberadaan perpustakaan semi kontainer di Taman Janggan menyasar anak-anak dengan konsep perpaduan ruang bermain dan tentunya tempat baca yang nyaman.

“Dibangun di Taman Janggan nantinya dapa menjadi tempat alternatif ruang publik yang dekat dan ramah anak dengan pelayanan perpustakaan dan bacaan gratis untuk masyarakat,” ujar Arya Wibawa.

Bunda Literasi, Ny. Sagung Antaru Jaya Negara menyampaikan, membangun budaya literasi bagi anak-anak sangat penting. Dukungan keluarga, pendidikan yang mendorong minat baca, dan akses ke buku dapat membentuk fondasi kuat untuk kemampuan literasi mereka. Stimulasi literasi sejak dini dapat meningkatkan keterampilan membaca dan menulis, serta membuka pintu menuju pemahaman dunia yang lebih luas.

Baca Juga :  Pj Gubernur Bali Pimpin Apel Gelar Pasukan Ketupat Agung

“Harapan kita bersama dari peresmian perpustakaan semi kontainer ini dapat meningkatkan akses masyarakat terhadap literasi dan pengetahuan, serta  dapat menjadi pusat pembelajaran dan membantu memperluas wawasan masyarakat,” ujar Antari Jaya Negara.

Sementara Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar, Dewa Nyoman Sudarsana menyampaikan, perustakaan semi kontainer ini menyediakan 300 buku, dengan Jam buka perpustakaan ini melihat keramaian di kawasan Taman Janggan.  Fasilitas pelayanan di perpustakaan semi kountainer ini  terus kami tingkatkan, mulai dari fasilitas wifi dan nantinya masyarakat juga dapat meminjam buku koleksi yang ada di perpustakaan semi kontainer.

Baca Juga :  Tinggi Suara Tak Sah Saat Pemilu 2024 di Bali, KPU Bali Akan Lakukan Evaluasi

“Keramaian di Taman Janggan yakni setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu, serta kami akan terus melihat animo masyarakat terhadap perpustakaan semi kontainer ini, yang memungkinkan akan dibangun dibeberapa ruang publik di Denpasar,” ujarnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News