SERA
Sera Tanam 1.000 Mangrove di Mangrove Arboretum Park Denpasar, Cegah Abrasi dan Menyerap Emisi Karbon. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Serangkaian upaya untuk menjaga lingkungan dan mengurangi dampak perubahan iklim terus dilakukan oleh PT Serasi Autoraya (SERA) melalui program #MenanamKebaikan. Sebagai langkah nyata, SERA telah menanam 1.000 bibit mangrove di Mangrove Arboretum Park Denpasar, Jumat (8/12/2023), bekerja sama dengan Sahabat Mangrove Ranger. 1.000 mangrove tersebut ditanam dalam 7 guludan yang akan dimonitor sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Mangrove Arboretum Park Denpasar dipilih sebagai lokasi penanaman mangrove karena keberadaannya yang strategis dalam mencegah abrasi serta menjadi pusat pendidikan mengenai mangrove di wilayah tersebut.

Baca Juga :  Pastikan Pelayanan Tetap Optimal Selama Cuti Bersama Idul Fitri 1445 Hijriah, Sekda Alit Wiradana Monitoring Mal Pelayanan Publik

Mangrove memiliki peran penting dalam menjaga keberlanjutan ekosistem pesisir dengan akarnya yang kuat yang mampu meredam gelombang laut dan mengurangi erosi pantai. Selain itu, Mangrove juga berperan untuk menyerap emisi karbon serta tempat hidup berbagai jenis berbagai macam biota laut dan mahluk hidup lainnya.

Program penanaman mangrove tersebut melibatkan berbagai pihak seperti Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali, SAR Provinsi Bali, Satbinmas Polres Tabanan, Saka Bhayangkara, Saka SAR, Saka POM, Pramuka Luar Biasa dan Pramuka Peduli, dalam aksi nyata meminimalisiri dampak perubahan iklim.

Baca Juga :  Jalin Silaturahmi, AMSI Bali Bertandang ke APJII Bali Nusra

Happy Putro Wibowo selaku Division Head CGASRHSSE PT. Serasi Autoraya, menyatakan, penanaman 1.000 mangrove tersebut merupakan implementasi komitmen SERA dalam hal tanggung jawab sosial perusahaan untuk melestarikan lingkungan.

“SERA juga telah menanam 2.500 mangrove di Pantai Pengklik – Jogja pada bulan Agustus 2023.  Melanjutkan penanaman 2.600 mangrove di Tahun 2022, dan akan terus bertambah setiap tahun. Kami mengajak semua pihak untuk bersama berkontribusi #Menanam Kebaikan untuk lingkungan dan masa depan yang lebih baik,” jelasnya.

Penanaman mangrove ini bukan hanya memberikan manfaat bagi lingkungan, tetapi juga memberikan dampak positif bagi komunitas setempat.  Program ini melibatkan partisipasi aktif dari warga sekitar, menjadi bagian integral dari upaya perlindungan lingkungan.

SERA mengajak semua pihak untuk bersama-sama mendukung dan terlibat dalam gerakan #MenanamKebaikan. Melalui kolaborasi dan tindakan nyata, kita dapat menjaga keberlanjutan lingkungan dan mewariskan bumi yang lebih baik kepada generasi mendatang.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News