KMHDI
Lokasabha Xll PD KMHDI Bali, Ajak Mahasiswa Gabung Organisasi. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Lokasabha XII Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PD KMHDI) Bali resmi dibuka, Jumat (22/12/2023). Bertembat di Aula Radio Republik Indonesia (RRI) Singaraja, Lokasabha XII ini mengangkat tema Bali Untuk Semua ‘Memimpin Menuju Keberlanjutan dan Kesetaraan’.

Ketua PD KMHDI Bali, Putu Esa Purwita mengungkapkan lokasabha merupakan kegiatan pergantian kepengurusan KMHDI di tingkat daerah. Kegiatan ini dilakukan dua tahun sekali untuk melakukan Regenerasi Kepengurusan, dimana untuk kegiatan kali ini diisi Juga dengan Focus Grup Diskusi dengan mendatangkan narasumber yang mewakili beberapa elemen.

“Hal ini merupakan kali kedua belas beregenerasinya pemuda-pemudi Hindu melalui KMHDI dari masa ke masa dan dalam kesempatan ini kami memilih juga mengadakan FGD dengan topik ‘Memimpin Menuju Keberlanjutan dan Kesetaraan’. Perlunya adanya kesadaran untuk generasi muda untuk kepedulian terhadap organisasi,” ujarnya.

Esa menjelaskan belakangan banyak pemuda maupun mahasiswa enggan untuk masuk organisasi.Dengan alasan tersita waktunya ketika ikut berkegiatan di organisasi salah satunya adalah KMHDI, hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk pengurus Pimpinan Daerah untuk mengajak Mahasiswa ikut di organisasi.

Baca Juga :  Sarana Prasarana Terpenuhi, Diperlukan Pengawasan dan Evaluasi Perpustakaan yang Ada

“Dalam satu tahun kepengurusan belakang ini banyak hal yang saya secara pribadi maupun secara organisasi untuk mengajak generasi muda Hindu untuk ikut andil aktif di organisasi, tentunya hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami tentunya tidak mudah, namun astungkara sudah hampir selesai kepengurusan kami,” pungkas Esa.

Sementara itu, I Wayan Darmawan selaku Ketum PP KMHDI mengucapkan selamat atas sudah terealisasikan pelaksanaan Lokasabha. Hal ini menunjukkan sebagai bentuk tanggung jawab pengurus untuk melakukan regenerasi kepengurusan sehingga nantinya ada perubahan kedepan.

Baca Juga :  Dishub Denpasar Antisipasi Arus Balik Lebaran, Pastikan Kelancaran Pintu Masuk Hingga Pelabuhan Laut Pengumpan Lokal

“Selamat menjalankan Lokasabha untuk PD KMHDI Bali, yang artinya regenerasi SDM KMHDI harus tercipta kembali dan pastinya yang baru akan mengemban tugas di kedaerahan harus tetap melanjutkan hal baik yang sudah ada dan pastinya harus tetap menjunjung yang namanya Kesetaraan sesuai tema Lokasabha XII ini,” ujar Darmawan.

Darmawan menambahkan, memimpin menuju keberlanjutan dan Kesetiaan merupakan tema dalam kongres daerah khususnya Bali, yang di mana hal ini tidak terlepas dari segala aspek kehidupan, baik sosial maupun lingkungan.

Baca Juga :  Jadi Program Prioritas Melalui KPBU, Wali Kota Jaya Negara Dorong Percepatan Pengerjaan Alat Penerangan Jalan

“Juga tidak hanya itu kita lihat KMHDI Bali ini adalah salah satu organisasi yang konsisten dalam isu lingkungan, tentu hal ini yang harus menjadi tugas tugas kita mahasiswa dalam ikut serta memberikan kontribusi ke lingkungan ke daerah. Tetap harus konsisten dan tentu kolaborasi dengan pihak mana pun, komunitas atau pun instansi pemerintah yang terkait,” tutup I Wayan Darmawan.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News