Pemilu 2024
KPU Karangasem Gelar Simulasi Pemungutan Suara, Rata-rata Butuh 5 Menit untuk Mencoblos. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Untuk memastikan kesiapan penyelenggara ditingkat terbawah menjelang pemilihan umun 14 Februari 2024 mendatang, KPU Kabupaten Karangasem menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara pada Senin (25/12/2023).

Simulasi yang berlangsung di TPS II yang ada di Banjar Kertawarah, Desa Tiyingtali, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem itu mendapat respon dan antusiasme cukup tinggi dari pemilih yang nantinya akan menggunakan hak suaranya di TPS tersebut.

Ketua KPU Karangasem, I Putu Darma Budiasa mengatakan, simulasi di TPS II dengan pemilih yang masuk DPT sebanyak 225 orang terdiri dari laki-laki 106, dan perempuan 119. Sedangkan pemilih DPTb 0, dan DPK 1. Dari jumlah DPT 225 terdapat 6 pemilih dari disabilitas, terdiri dari 1 orang laki-laki, dan 5 orang perempuan.

“Simulasi ini guna memastikan kesiapan penyelenggara di tingkat terbawah dalam menggelar pemilihan pada 14 Februari 2024 nanti. Sehingga tata cara dan alur simulasi, dibuat mirip dengan pemilu sesungguhnya, ” kata Budiasa.

Baca Juga :  Ratusan Narapidana di Lapas Karangasem Terima Remisi Idul Fitri

Ia berharap pengalaman yang didapat petugas KPPS saat simulasi, bisa diterapkan secara langsung pada saat pemilihan sesungguhnya nanti, mengingat pemilu sesungguh ada di TPS. Sehingga KPPS dipandang menjadi unjung tombak menjaga pesta demokrasi dalam siklus lima tahunan ini.

“Simulasi ini memberikan gambaran bukan hanya kepada penyelenggara saja, tetapi kepada pemilih juga agar lebih paham tentang tata cara dan alur mekanisme pemungutan suara. Tentunya dengan adanya simulasi ini, tingkat partisipasi yang cukup tinggi saat simulasi agar berbanding lurus dengan pemilihan 14 Februari 2024 mendatang,” terang Putu Darma Budiasa.

Baca Juga :  Sambil Tunggu Perbaikan, Camat Selat Diminta Urug Jalan Rusak Pakai Krikil Secara Swadaya

Dia menambahkan dari hasil pengamatan terkait durasi waktu mencoblos untuk pemilih masih rata-rata menggunakan waktu 5 menit untuk mencoblos surat suara Presiden dan Wakil Presiden, surat suara DPD, surat suara DPR RI, surat suara DPRD Provinsi, dan surat suara DPRD Kabupaten.

Kegiatan simulasi ini juga dihadiri Kapolres Karangasem, AKBP. I Nengah Sadiarta, Kesbangpol, Bawaslu Karangasem, Parpol, jajaran PPK se-Kabupaten Karangasem, Perbekel, KBD Kertawarah, dan PPS se-Kecamatan Abang.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News