karang taruna buleleng
Karang Taruna Dituntut Menjadi Teladan Bagi Generasi Muda Dalam Menangani Permasalahan Sosial. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Karang Taruna diminta menjadi teladan bagi masyarakat khususnya generasi muda agar semakin meningkatkan kepedulian dan kepekaan sosial dan secara aktif bersinergi dengan pihak-pihak terkait termasuk pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan sosial bagi pemerlu pelayanan permasalahan sosial.

Demikian disampaikan Penjabat Bupati Buleleng yang pada kesempatan ini diwakili oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buleleng, Putu Kariaman Putra saat membuka acara Temu Karya Karang Taruna Kabupaten Buleleng Tahun 2023, bertempat di Wantilan Praja Winangun Kantor Bupati Buleleng, Kamis (30/11/2023).

Kadis Kariaman menegaskan bahwa Pemerintah Daerah sangat mendukung dilaksanakannya Temu Karya Karang Taruna ini, karena Karang Taruna merupakan salah satu pilar sosial yang memiliki tanggung jawab  besar dalam penanggulangan permasalahan sosial yang terjadi di masyaraka. Melalui kegiatan terpadu dan terarah untuk tercapainya kesejahteraan sosial bagi masyarakat.

“Mari ciptakan program kegiatan kepemudaan yang dapat menyentuh langsung terhadap permasalahan sosial, sehingga keberadaan Karang Taruna benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ucapnya.

Baca Juga :  Mudik Lebaran Gratis 2024, Dishub Buleleng Fasilitasi Ram Check Gratis dan Penanganan Lalu Lintas

Dijelaskan, sebagaimana diamanatkan dalam Permensos Nomor 25 Tahun 2019, Karang Taruna merupakan organisasi yang dibentuk oleh masyarakat sebagai wadah organisasi muda untuk mengembangkan diri, tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran serta tanggung jawab sosial.

Untuk itu pihaknya berharap pelaksanaan temu karya sebagai agenda tertinggi dalam organisasi Karang Taruna ini dapat berjalan dengan tertib dan demokratis serta dapat menghasilkan keputusan yang terbaik untuk membawa organisasi kearah yang lebih baik dan berkualitas.

Sementara itu, Ketua Panitia Karang Taruna Kabupaten Buleleng Gede Hari Yuda Pratama dalam laporannya menyampaikan bahwa Temu Karya ini merupakan agenda yang dilakukan setiap Karang Taruna baik itu di tingkat desa, kecamatan, kabupaten, provinsi dan sampai tingkat nasional ketika masa bakti kepengurusan telah berakhir.

Melalui Temu Karya ini akan dilaksanakan musyawarah untuk memilih pengurus Karang Taruna masa bakti berikutnya. Selanjutnya, hasil pemilihan tersebut akan ditetapkan dengan Surat Keputusan kepala desa/lurah untuk Karang Taruna desa/kelurahan, dan pada tingkat kecamatan sampai dengan nasional dikukuhkan oleh camat, bupati/walikota, gubernur, atau menteri sosial, sesuai kewenangannya. Serta akan dilanjutkan membuat laporan kepada Kepala Dinas Sosial kabupaten/kota.

Pihaknya menyadari masih banyak kekurangan dalam melaksanakan tugas selaku pengurus Karang Taruna Kabupaten. Untuk itu pada kesempatan ini pihaknya mohon maaf yang sebesar-besarnya karena selama kepengurusan periode 2018-2023 ini belum dapat menjalankan tugas dan fungsi dengan maksimal.

Baca Juga :  Ribuan Masyarakat Buleleng Ikuti Jalan Santai HUT Ke-420 Kota Singaraja

Melalui kegiatan Temu Karya Karang Taruna Kabupaten Buleleng pada hari ini dirinya berharap akan muncul ide dan gagasan yang baru dari seluruh perwakilan Karang Taruna desa/kelurahan untuk bisa menjadi masukan bagi kepengurusan baru yang sebentar akan dipilih melalui musyawarah.

“Semoga kegiatan ini berjalan lancar sesuai dengan yang kita harapkan, serta dapat membawa Karang Taruna Kabupaten Buleleng semakin maju dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat khusunya dalam menangani permasalahan sosial,” harapnya.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News