RSU Jembrana
HUT Ke-89 RSU Negara, Manjakan Penunggu Pasien dengan Pojok Wifi dan Luncurkan Bank Sampah. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Bupati I Nengah Tamba meluncurkan Wifi Corner dan Bank Sampah di Rumah Sakit Umum Negara, Jumat (15/12/2023).

Peresmian tersebut bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun ke-89 Rumah Sakit Umum Negara, yang juga diisi dengan kegiatan jalan sehat.

Dengan mengambil tema ‘Bersama Memajukan RSU Negara Menuju Masyarakat Jembrana Sehat dan Bahagia’ peringatan HUT ke-89 RSU Negara berlangsung meriah.

Inovasi Bank Sampah hadir untuk mengelola sampah atau limbah yang dihasilkan terutama sampah non medis sehingga mengurangi sampah domestik yang harus dibuang ke TPS.

Sementara, Wifi Corner (Pojok Wifi) menyediakan fasilitas gratis yang ditujukan kepada para penunggu pasien kamar rawat inap dan pengunjung RSU.

Dalam kesempatan tersebut Bupati I Nengah Tamba mengapresiasi inovasi-inovasi yang sudah di buat RSU Negara dalam hal kenyamanan pengunjung.

“Tentu pelayanan dan rasa nyaman pasien ini agar benar-benar tercipta agar menjadi kesan yang diciptakan oleh orang-orang yang datang ke rumah sakit, apa yang sudah dilakukan pada hari ini sudah menunjukan suatu dedikasi yang sangat tinggi,” ujarnya.

Selain itu Bupati Tamba juga menyampaikan sinergitas yang terjalin antara rumah sakit umum negara dengan Pemkab Jembrana dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat agar senantiasa terjalin dengan baik.

“Pelayanan rumah sakit perlu kita pikirkan bersama kedepan tidak saja keterlibatan internal rumah sakit saja tetapi juga kami dari jajaran Pemkab Jembrana juga tiada henti untuk memberikan suporting baik itu arahan bagaimana rumah sakit kita ini selalu ada di hati masyarakat,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu pula Bupati asal Desa Kalialah itu menekankan kepada seluruh tenaga medis untuk senantiasa hadir memberikan pelayanan terbaik demi kesembuhan pasien.

Tujuan akhirnya menciptakan rasa kepuasan pasien bahwa pada saat dirawat para tenaga medis baik dokter dan perawat benar benar memperhatikan kondisi pasien.

“Saya berterima kasih kepada teman-teman dokter dan perawat yang melayani pasien yang masuk ke RSU dengan sabar, teliti sehingga akhirnya pasien itu bisa sembuh dengan cepat. Rasa kepuasan pasien bahwa pada saat di rawat dokter dan perawat dan yang lainya bener bener memperhatikan itulah yang kita utamakan,” ujarnya.

Baca Juga :  OJK Bali Beri Edukasi Keuangan Kepada 1.000 UMKM di Kabupaten Jembrana 2024

Sementara itu, Direktur RSU Negara, dr. Ni Putu Eka Indrawati menjelaskan Bank Sampah Setia Kawan RSU Negara dengan tagline ‘Dengan Kesapu Bersih’ (Kelola sampahmu jadi berkah dan kasih) yang berbasis aplikasi merupakan inovasi RSU Negara untuk mengelola sampah atau limbah yang dihasilkan terutama sampah non medis dengan tujuan mengurangi sampah domestik yang harus dibuang ke TPS.

“Bank sampah Setia Kawan RSU Negara bekerja sama dengan Koperasi Setia Kawan dalam pengelolaannya. Saat ini yang menjadi nasabah baru berfokus pada karyawan dan karyawati RSU Negara dengan hasil pemilahan sampah yang dihasilkan oleh ruangan. Dan kedepannya akan dikembangkan untuk nasabah eksternal,” jelasnya.

Melalui sampah daur ulang juga dapat mendatangkan benefit untuk kesejahteraan karyawan dan berbagi kasih untuk yang membutuhkan melalui kegiatan bantuan sosial.

“Sampah yang hasilkan oleh ruangan akan dipilah sesuai tempatnya yakni sampah organik, non organik dan sampah B3 (bahan berbahaya dan beracun) di ruang sebagai penghasil sampah. Di bank sampah akan disortir lagi sesuai jenisnya seperti botol plastik, kertas bekas, gelas plastik, kaleng minuman, dll, kemudian dilakukan penimbangan. Selanjutnya pencatatan melalui aplikasi, petugas bank sampah selanjutnya disimpan di ruang penyimpanan untuk selanjutnya diambil oleh pihak ketiga,” ungkap Eka Endrawati.

Baca Juga :  Pasar Murah Diskoperindag Diserbu Warga Loloan Barat Jembrana

Selain bank sampah, Ni Putu Eka Endrawati mengatakan peluncuran Wifi Corner di RSU Negara bertujuan untuk menambah kenyamanan penunggu pasien yang datang ke RSU Negara.

“Dengan bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) para mengunjung RSU Negara akan dapat menikmati jaringan internet gratis. Wifi gratis tersebut bakal dipasang pada sejumlah titik,” pungkasnya.

Turut hadir pada puncak HUT ke-89 RSU Negara, Wakil Bupati Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna, Sekda I Made Budiasa, perwakilan instansi vertikal bersama segenap pegawai di lingkup RSU Negara.(ang/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News