Honda x Isuzu
Honda Jalin Kerja Sama dengan Isuzu, Uji Coba Truk Berbahan Bakar Hidrogen di Jepang. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TOKYO – Honda Motor Co., Ltd. menjalin kerja sama dengan Isuzu Motors Limited dalam uji coba truk berbahan bakar hidrogen GIGA FUEL CELL yang mulai dari akhir tahun 2023 hingga bulan September 2024 di Jepang. Uji coba ini bertujuan untuk mencapai kemajuan dalam pengumpulan data, pengetahuan, dan mengidentifikasi masalah teknis sebagai persiapan untuk nantinya akan dijual di pasar pada tahun 2027.

Sebelumnya pada bulan Januari 2020 lalu Honda dan Isuzu telah menandatangani perjanjian kerja sama dalam mencapai suatu kendaraan yang memiliki kemampuan berkendara jarak jauh, berkapasitas beban besar, pengisian bahan bakar cepat serta ramah lingkungan. Model prototype yang akan diuji di jalanan umum ini sebelumnya telah diperlihatkan pada pameran Japan Mobility Show 2023 bulan Oktober 2023 lalu.

Baca Juga :  NURULS, Tips Berbelok di Persimpangan untuk Wanita Agar Selalu #Cari_Aman

Salah satu karakteristik unik dari hidrogen adalah kemampuannya untuk menyimpan energi dengan kepadatan yang tinggi. Karakteristik ini memberikan manfaat besar pada heavy-duty trucks, yang memiliki bobot lebih besar dan jangkauan lebih jauh dibandingkan mobil penumpang pada umumnya. Pemanfaatan energi hidrogen menjadi suatu nilai lebih untuk teknologi yang lebih ramah lingkungan.

Honda berkomitmen untuk mengatasi masalah lingkungan dan energi global dengan berusaha mewujudkan netralitas karbon untuk semua produk dan aktivitas perusahaan pada tahun 2050. Untuk mendukung langkah tersebut, Honda juga telah mengumumkan akan memperkenalkan setidaknya 30 model berbasis elektrik secara global hingga tahun 2030, dengan total produksi menjadi 2 juta unit per tahunnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News