Bupati Sanjaya
Bupati Sanjaya Apresiasi Yadnya Krama Desa Adat Kekeran Desa Selanbawak Marga. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Di tengah kesibukan dalam menyambut karya Agung Ngenteg Linggih di Kabupaten Tabanan, Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M., sempatkan turun ke tengah masyarakat menghadiri upacara Pitra Yadnya Ngaben Sawe Prenawa lan Nyekah Kurung Desa Adat Kekeran yang bertempat di Bale Banjar Selanbawak Kaja, Desa Selanbawak, Kecamatan Marga, Tabanan, pada Senin (25/12/2023).

Dalam kunjungannya itu, Bupati Sanjaya nampak ditemani oleh salah satu anggota DPRD Provinsi Bali, I Ketut Purnaya juga DPRD Kabupaten Tabanan, Putu Eka Putra Nurcahyadi, Sekda, Kepala OPD dan Kepala Bagian terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, Camat dan unsur forkopimcam Marga. Kedatangan Sanjaya bersama rombongan siang itu disambut penuh suka cita oleh Bendesa Adat, Perbekel dan Krama setempat.

Baca Juga :  Jumat Ceria Bersama Bupati Tabanan

Adapun dalam upacara Ngaben Bersama ini yang terdiri dari sejumlah 63 sawa, dengan 32 laki-laki dan 31 perempuan yang biaya urunannya sejumlah 6,5 juta rupiah per sawa. Dan untuk upacara ngelangkir/parisuda dengan jumlah 27 yang biayanya Rp1 juta per sawa. Juga terdapat sejumlah 14 orang yang mengikuti upacara metatah/mesangih yang biayanya sukarela, serta dalam rangkaian upacara ini juga terdapat prosesi nelubulanin yang diikuti oleh 6 orang.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sanjaya mengapresiasi krama Desa Adat Selanbawak dan seluruh krama Adat Kekeran yang terdiri dari 400 Kepala keluarga yang senantiasa gotong-royong dalam membangun upacara dan melaksanakan Yadnya. Sehingga, dengan pelaksanaan Yadnya bersama ini dapat lebih meringankan beban krama adat dan esensi yadnya tetap terwujud dan terlaksana dengan baik.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Mendem Dasar Serangkaian Pembangunan Kantor Desa Sanur Kaja

“Dikala kita gotong-royong seperti sekarang, melaksanakan upacara Pitra Yadnya, jadi merupakan salah satu bagian Yadnya terpenting, Yadnya yang utama, Yadnya bersama gotong royong. Inilah yang dinanti-nanti oleh Pemerintah Daerah ritatkala nyaksi Yadnya kekompakan bersatu. Tujuannya untuk bersama kompak bersatu dan meringankan beban biaya, sehingga dilakukan berkelompok seperti ini bisa lebih ringan biayanya,” ujar Sanjaya.

Selaku Ketua Panitia upacara, I Wayan Sudika, menyampaikan terima kasihnya kepada Bapak Bupati, sebagai Murdaning Jagat atas kehadirannya menyaksikan upacara untuk mewujudkan yadnya yang satwika. Juga atas bantuan dan dukungannya terhadap masyarakat Desa Selanbawak dalam menyelenggarakan upacara, yang mana hal ini tentunya dapat membantu meringankan beban krama adat dalam melaksanakan Yadnya.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Hadiri Karya Melaspas di Pura Puseh Dadia Desa Adat Penatih

Melalui momen penting tersebut menunjukkan komitmen Sanjaya bersama Pemerintah Kabupaten Tabanan dalam penguatan tradisi, adat dan budaya leluhur, serta wujud kontribusi Pemerintah dalam tiap sisi kehidupan masyarakat guna membantu meringankan beban masyarakat serta untuk dapat mewujudkan Kabupaten Tabanan yang Aman, Unggul dan Madani.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News