Hari Bela Negara
Sekda Adi Arnawa menjadi Inspektur Upacara saat upacara peringatan Hari Bela Negara Ke-75 di Lapangan Puspem Badung, Selasa (19/12/2023). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Pemerintah Kabupaten Badung bersama DPRD, jajaran Forkopimda, jajaran Kepala OPD dan ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung melaksanakan upacara peringatan Hari Bela Negara Ke-75 di Lapangan Puspem Badung, Selasa (19/12/2023).

Peringatan Hari Bela Negara ini dalam rangka menumbuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat terhadap semangat Bela Negara dan rasa cinta tanah air, karena masyarakat sebagai pilar utama bangsa harus tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu dewasa ini.

”Kalau dilihat dari makna peringatan Hari Bela Negara, ini merupakan upaya pemerintah untuk terus mengingatkan kita semuanya bahwa interpretasi bela negara bukan hanya tanggung jawab militer tapi semua komponen bangsa harus terlibat didalamnya,” demikian dikatakan Sekda Adi Arnawa saat mewakili Bupati Badung sebagai Inspektur Upacara.

Upacara ini turut diikuti oleh Ketua DPRD Badung, Putu Parwata, jajaran Kepala Forkopimda Badung, jajaran Kepala OPD beserta jajaran ASN di lingkungan Pemkab Badung.

Baca Juga :  Sambut Libur Lebaran, The Nusa Dua Siapkan Posko Berkah Lebaran Seru

Menurut Sekda Adi Arnawa pengertian bela negara bukan hanya dalam wujud benturan fisik semata namun meliputi bidang yang sangat luas seperti memerangi kebodohan kemiskinan terlebih dalam kondisi perubahan iklim global saat ini akan sangat berpengaruh terhadap produksi pangan.

“Dampak geopolitik ini juga perlu digaungkan oleh pemerintah pada seluruh elemen bangsa, untuk kita bersama-sama menyadari akan tanggung jawab dan posisi kita, terutama dalam menghadapi tantangan global saat ini,” ujarnya.

Untuk itu pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat Badung untuk selalu mengingat dan mengobarkan semangat rasa cinta tanah air, ideologi Pancasila, rasa nasionalisme dan patriotisme. Terlebih pada awal tahun 2024 masyarakat akan menyongsong pemilu serentak.

“Kita tidak boleh terkotak-kotak hanya karena penyelenggaraan pemilu. Pemilu sukses, kita memilih orang yang tepat, wakil yang tepat dan pemimpin yang tepat. Silahkan siapapun yang mau dipilih berdasarkan hati nurani masing-masing. Jangan golput gunakan hak pilih untuk mengantarkan visi misi bangsa ke depan Indonesia Maju 2045. Ini harus kita genjot bersama-sama berbasis bela negara,” tegas Adi Arnawa.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News