TPS3R
Sariasih Sedana Arta Pimpin Study Tiru TP. PKK Kabupaten Bangli ke TPS3R Nitikan Kota Yogyakarta. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Setelah melaksanakan Bimtek tentang pengelolaan sampah di Kabupaten Bangli beberapa waktu lalu, TP. PKK Kabupaten Bangli yang dipimpin langsung oleh Ny. Sariasih Sedana Arta melaksanakan kunjungan kerja di Kota Yogyakarta, pada Kamis (9/11/2023).

Kunjungan yang dipusatkan di TPS3R Nitikan Kota Yogyakarta tersebut juga diikuti oleh Ketua GOW Kabupaten Bangli, Ny. Suciati Diar, Ketua Darma Wanita Persatuan Kabupaten Bangli, Ny. Ida Ayu Suardini Giri Putra, Pimpinan OPD terkait dilingkungan Pemkab Bangli, Ketua TP. PKK Kecamatan se Kabupaten Bangli serta Ketua TP. PKK Desa/Kelurahan se-Kabupaten Bangli.

Kunjungan diterima dan disambut baik oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, Sugeng Darmanto didampingi Kabid Bidang Persampahan beserta jajarannya.

Mewakili Pemerintah Kota Yogyakarta, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, Sugeng Darmanto mengucapkan terimakasih kepada TP.PKK Kabupaten Bangli yang telah memilih Kota Yogyakarta sebagai lokasi studi tiru.

Baca Juga :  Bupati Bangli Pimpin Rapat Persiapan Groundbreaking Bangli Sport Center Tahap I

Ia mengatakan sejatinya ini merupakan kunjungan balasan dari Pemda Bangli, yang mana sebelumnya Pemkot Yogyakarta telah melaksanakan kunjungan di Kabupaten Bangli tepatnya di Dywik Bank Sampah yang merupakan salah satu Bank Sampah terbesar di Bangli.

Pihaknya juga menyampaikan, salah satu inovasi yang dimiliki oleh TPS3R Nitikan adalah ‘Laron Sarungan’ (Laboratorium Pengolahan Sampah Rumah Tangga Perkotaan) yang merupakan sarana edukasi serta laboratorium percontohan bagi masyarakat untuk belajar mengolah sampah agar dapat diaplikasikan secara mandiri di rumah atau lingkungan masing-masing. Yang mana masyarakat maupun pelajar dapat mempraktikkan pengolahan sampah secara langsung mulai dari proses pemilahan, pemanfaatan, sampai daur ulang sampah.

“Inovasi ini memiliki tujuan yang sangat jelas yakni meningkatkan upaya pengurangan sampah skala kota, menciptakan sarana edukasi tentang pengolahan sampah yang aplikatif dan mengoptimalkan pengolahan sampah secara terpadu,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP. PKK Kabupaten Bangli, Ny. Sariasih Sedana Arta dalam sambutannya mengatakan bahwa kunjungan kerja yang dilaksanakan hari ini merupakan study tiru TP. PKK Kabupaten Bangli bersama Ketua TP. PKK Kecamatan, Kelurahan dan Desa se-Kabupaten Bangli. Kunjungan yang dilaksanakan mengambil lokasi di TPS3R (Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle), mengingat permasalahan sampah merupakan masalah yang sangat serius yang perlu kita tangani secara bersama-sama. Karena semua manusia akan menghasilkan sampah, maka bersama para Ketua TP. PKK Desa dan Kelurahan, pihaknya akan berperan aktif dalam mengatasi permasalahan sampah di Kabupaten Bangli.

Ny. Sariasih berharap, melalui kegiatan ini para Ketua TP. PKK Desa mampu menjadi agen dan penggerak penyelamat lingkungan yang dimulai dari rumah tangga serta menjadi tauladan bagi seluruh masyarakat Bangli.

Baca Juga :  Bupati Sedana Arta Serahkan Rapor OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangli

“Apa yang didapatkan dalam kunjungan kerja ini, semoga bermanfaat dan dapat diterapkan di desanya masing-masing,” tegas Ny. Sariasih.

Ny. Sariasih menambahkan, TP. PKK Kabupaten Bangli saat ini telah melakukan berbagai upaya dalam pengelolaan sampah yang sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Bangli, salah satunya adalah memanfaatkan sampah sisa sayur dan buah menjadi cairan eco enzyme, yang mana cairan eco enzyme merupakan hasil dari fermentasi limbah organik segar seperti ampas buah dan sayuran, gula (gula coklat, gula merah atau gula tebu), dan air yang memiliki spesifik warna coklat gelap serta aroma fermentasi asam manis yang kuat.

“Eco-enzyme memiliki beragam manfaat, antara lain sebagai pupuk tanaman, pembersih kloset, pengusir tikus, sabun cuci piring, dan pembersih sayuran,” imbuhnya.(an/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News