Pj Bupati Buleleng
Pj Bupati Buleleng Apresiasi Gerbang Pura Tejakula. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Penjabat (Pj) Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana mengapresiasi inovasi pemerintah Kecamatan Tejakula dalam mengembangkan dan meningkatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal. Yaitu dengan meluncurkan inovasi berupa Gerakan Bangun Potensi Usaha Rakyat disingkat Gerbang Pura.

Apresiasi tersebut disampaikan Pj Bupati Buleleng saat melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Tejakula, Kamis (16/11/2023).

“Terima kasih, pak Camat Tejakula itu memang memiliki inovasi yang luar biasa sesuai dengan potensinya. Makanya tadi saya bilang memang camat tejakula itu selalu top. Karena banyak sekali inovasi-inovasi yang dia kembangkan sehingga UMKM yang ada di Tejakula ini berkembang sangat pesat,” ujarnya.

Penjabat (Pj) Bupati Ketut Lihadnyana mengingatkan agar langkah inovatif tidak berhenti sampai disini. Pengembangan UMKM lokal harus selalu dipantau dan dibina hingga mandiri. Mulai dari permodalan, proses produksi, dan juga pemasaran.

Baca Juga :  Identitas Pemeran Video Sejoli Pelajar Asal Buleleng Dikantongi, Ada Empat Video

“Oleh karena itu untuk pemasaran ini pakai e-market. Itu ada 67ribu UMKM di Kabupaten Buleleng yang sekarang sudah pakai,” imbuhnya.

Berkaitan dengan permodalan, Pj Bupati mengimbau agar dilakukan pengecekan tiap-tiap usaha yang belum memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Kemudian agar difasilitasi sehingga jika permodalannya cukup maka usaha kecil tentu akan bisa berkembang.

“Sekarang ini di Buleleng UMKM yang berkembang dampaknya adalah kemiskinan menurun, pengangguran menurun, data BPS ini. Oleh karena itulah ini harus terus dikembangkan agar ekonomi Kabupaten Buleleng digerakkan dari UMKM sehingga menjadi kokoh,” terang Lihadnyana.

Sementara itu, dari laporan yang disampaikan Camat Tejakula, I Gede Suyasa bahwa letak geografis wilayah Kecamatan Tejakula sangat strategis. Karena itu potensi yang dimiliki cukup beragam mulai dari dataran tinggi, dataran rendah, hingga lautan. Kondisi demikian membuat pihaknya membangun sebuah tempat agar semua usaha rakyat di Kecamatan Tejakula dapat dengan mudah dikunjungi wisatawan. Akhirnya pada 2022, Pemerintah Kecamatan Tejakula meluncurkan program Gerbang Pura.

“Ada beberapa program dalam Gerbang Pura. Yaitu One Village One Product (OVOP), yang dari 10 desa sekarang sudah lebih dari ratusan produk dihasilkan. Kemudian setelah dikurasi jadi 40 produk inovatif; Kemudian program One Village One Destination (OVOD) sudah dikunjungi wisatawan. Kita juga sudah menyertifikatkan enam produk unggulan seperti buah durian, alpukat, dsb,” ungkapnya.

Baca Juga :  BRI Regional Office Denpasar Bagikan Ribuan Sembako kepada Masyarakat Sekitar

Kunjungan Kerja Pj Bupati juga dihadiri Pj Ketua TP PKK, Ny. Paramitha Lihadnyana, Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, Kepala BPJS Kesehatan, pimpinan perangkat daerah, Perbekel, Kelian Desa Adat, Kelian Subak se-Kecamatan Tejakula, serta masyarakat penerima bantuan.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News