jok mobil
salah satu Cover Jok Mobil Terkini. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Cover jok atau biasa disebut sarung jok mobil merupakan aksesoris vital untuk kenyamanan berkendara, baik itu bagi driver maupun bagi penumpang. Bagi banyak orang mobil ibarat rumah kedua. Apalagi buat mereka yang tinggal di daerah perkotaan, mayoritas waktunya habis berkendara di tengah kemacetan kota. Bisa dibayangkan, kondisi cover jok mobil yang tidak nyaman bisa buat pikiran jadi tidak tenang. Kondisi jok yang basah, kotor, bau, berdebu, hal itu bisa mengakibatkan gatal-gatal, bahkan mendatangkan penyakit.

Selain untuk menghindari persoalan diatas, cover jok juga berfungsi untuk melindungi cover jok asli dari kerusakan. Hal ini penting saat anda akan menjual mobil nantinya, kecenderungan pembeli akan memilih mobil bekas dengan kondisi semua fitur mobil yang masih asli. Kemudian, tidak kalah pentingnya, pemakaian cover jok baru dapat memberikan penampilan interior mobil yang lebih segar. Penampilan interior mobil yang fresh, tentunya akan menimbulkan rasa tenang, nyaman, aman kala berkendara.

Penggunaan cover jok mobil sebenarnya sudah menjadi kebiasaan bagi para pemilik mobil dari sejak lama. Meski demikian, masih banyak dari pemilik mobil yang belum mengetahui informasi seputar cover jok dan material-material yang cocok untuk digunakan. Oleh karena itu, sebelum menentukan pilihan, ada baiknya kita bahas dulu yuk informasi seputar pemasangan cover jok mobil.

Ragam Jenis Pemasangan Jok Mobil

Penggunaan kata ‘cover jok / sarung jok’ selama ini memang cukup membingungkan terutama bagi mereka yang awam tentang modifikasi interior mobil. Tidak jarang kata ‘cover jok/ sarung jok’ dimaknai sama untuk semua kebutuhan pemasangan cover jok. Sebenarnya tidak sepenuhnya salah karena secara fungsi, aktivitas ‘menyarungi jok mobil’ adalah relatif sama, walaupun secara teknis pemasangan berbeda. Pemasangan cover jok mobil pada umumnya terbagi menjadi 3 jenis; pemasangan jok paten, pemasangan jok semi paten, dan pemasangan cover jok.

  • Jok Paten

Pemasangan jok paten adalah proses pemasangan lapisan jok mobil yang dilakukan melalui penggantian / pelepasan lapisan jok asli dan digantikan dengan sarung jok / lapisan jok baru. Keuntungan dari pemasangan jok paten adalah lebih menonjolkan kualitas pola, lekuk dan jahitan.

Sedangkan kelemahannya terdapat pada pelepasan lapisan jok bawaan pabrik dan kemungkinan kerusakan pada badan utama jok karena proses jahitan berulang. Pemasangan jok paten membutuhkan waktu pengerjaan yang lebih lama dan biaya yang lebih besar dibanding jenis pemasangan cover jok.

  • Jok Semi Paten
Baca Juga :  JDM Funday Mandalika Time Attack 2024, Para Pembalap Siap Bertanding di Pertamina Mandalika International Circuit

Jok semi paten adalah lapisan jok yang dipasangkan dengan proses memasangkan lapisan jok baru tanpa melepas lapisan jok asli. Produk ini agak lebih mirip dengan pemasangan cover jok, hanya berbeda di teknis cara pemasangan. Jika cover jok disarungkan cukup didukung dengan tali atau resleting, proses pemasangan jok semi paten dilakukan dengan cara menjahitnya di beberapa bagian pertemuan sarung jok. Jok semi paten memiliki hasil tidak jauh berbeda dengan kualitas cover jok mobil, hanya saja terdapat resiko kerusakan lapisan jok asli karena terkena proses jahit pemasangan lapisan jok baru.

  • Cover Jok

Bagi anda yang mendambakan efisiensi dalam pemasangan lapisan jok mobil, jenis cover jok bisa jadi pilihan tepat. Pemasangan cover jok dilakukan tanpa harus melepas jok asli. Pemasangannya pun relatif lebih mudah dan cepat bahkan tanpa harus mengeluarkan jok dari mobil.

Penggunaan cover jok dapat membuat jok asli mobil tetap awet terlindungi, anda tetap bisa menikmati penampilan baru jok mobil yang anda inginkan. Penggunaan cover jok saat ini semakin banyak diminati, selain karena fungsi, praktis juga karena harganya yang relatif lebih terjangkau dibandingkan pemasangan jok paten.

Rekomendasi Material Cover Jok Mobil

Saat ini, banyak brand penyedia material cover jok yang ada di pasaran. Tentunya, setiap brand memiliki keunggulannya masing-masing. Guna membantu anda memilih material cover jok yang berkualitas dan cocok dengan kebutuhan, berikut kami sajikan beberapa rekomendasi material cover jok mobil terbaik di Indonesia:

  1. MBTech
Baca Juga :  Bandara I Gusti Ngurah Rai Siap Layani Arus Balik

MBTech adalah merk pionir material cover jok mobil dari bahan semi kulit. Nama MBTech pun cukup populer di kalangan modifikasi interior mobil karena memiliki berbagai macam varian yang membedakannya dari sisi tekstur. Walaupun saat ini sudah semakin banyak material cover jok mobil dengan kualitas setara dengan bahan MBTech, brandnya yang sudah sangat dikenal menjadikannya hampir selalu tersedia di semua pengrajin jok mobil.

2. Ultimate

Ultimate adalah material cover jok keluaran Emirate Car Interior, anak usaha CoverSuper yang sudah sangat populer. Ultimate terbuat dari bahan sintetis berkualitas dengan fitur-fitur terbaru dan lebih canggih seperti fire retardant / kuat menahan panas sehingga tidak mudah terbakar, anti sinar UV, anti bacterial dan anti jamur. Sangat cocok untuk Anda yang mendambakan cover jok premium bergaransi dengan harga terjangkau.

Dengan dana mulai 2 jutaan saja, Anda sudah mendapatkan cover jok kualitas terbaik dengan ragam pilihan warna. Ultimate memiliki varian lainnya yaitu Deluxe dan Sporty Premium dengan perbedaan pada ketebalan dan teksturnya masing-masing.

3. Autoleder

Pilihan material cover jok berikutnya adalah Autoleder, yang terbuat dari bahan baku kulit sapi. Autoleder adalah material cover jok yang sering digunakan oleh mobil pabrikan eropa seperti BMW dan Mercedes Benz. Autoleder memiliki pilihan warna yang variatif, netral, hingga warna-warna cerah.

Autoleder memiliki berbagai macam tipe dan tekstur dari tekstur kulit kayu, kulit jeruk, hingga tekstur yang sangat halus dan rapat. Karena kualitasnya, cover jok dengan material Autoleder biasa dibanderol dengan harga yang cukup tinggi di kisaran 17 jutaan rupiah keatas.

4. Lederlux

Merk material cover jok berikutnya adalah Lederlux. Memiliki keunggulan fire retardant dan backing double knitting, Lederlux memiliki banyak pilihan warna yang beragam dan sangat menarik. Lederlux adalah material semi kulit sintetis berkualitas yang telah berstandar internasional.

Lederlux memiliki 2 varian yaitu Primo dan Alvaro/ Altro dengan perbedaan pada teksturnya masing-masing. Lederlux dibanderol dengan harga yang juga relatif murah jika dibandingkan dengan merk-merk pendahulunya.

Baca Juga :  Siap Hadapi Tantangan Energi Masa Depan, Pertamina Beri Edukasi dan Peluang bagi Mahasiswa di PGTC 2024

5. Starhides

Material dari Starhides cocok untuk Anda yang mendambakan sarung jok dengan bahan dasar kulit asli. Karena keaslian kulitnya, sarung jok dari material Starhides dibanderol di kisaran harga 14 jutaan keatas.

6. Masrotto

Pilihan material cover jok dari kulit asli lainnya adalah Mastrotto. Merk Mastrotto dari Italia menawarkan kualitas produk cover jok dengan harga lebih terjangkau dari pesaing dekatnya, Starhides. Material Masrotto dijual di kisaran harga 10 jutaan dengan 40 lebih pilihan warna.

7. Vision

Vision adalah merk material cover jok dari bahan microfiber. Jika dibandingkan dengan merk lainnya yang pada umumnya menggunakan bahan dasar synthetic leather, Vision datang sebagai pionir di bahan cover jok microfiber. Jika dibandingkan antara microfiber dan synthetic leather secara kasat mata keduanya memang sulit dibedakan, namun dapat dirasakan perbedaannya saat Anda menyentuh tekstur kulitnya. Microfiber memiliki tekstur menyerupai kulit asli dan tidak memiliki lapisan tambahan, warna dibalik lapisannya sama seperti warna atasnya.

Menyoal harga, bahan microfiber memang agak sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan material synthetic leather di kelasnya. Namun, bertambahnya biaya itu jadi tidak terlalu terasa karena Anda akan mendapatkan kualitas material yang sangat pantas.

8. Oscar

Di level cover jok dengan harga murah meriah, Oscar bisa menjadi pilihan. Material ini banyak digunakan oleh para pengrajin jok mobil, baik itu penyedia layanan sarung jok custom maupun sarung jok universal. Selain Oscar, merk lain dengan kualitas setara ada seperti Myo, Ferrari, Force dan yang lainnya.

Material ini cocok untuk Anda yang ingin melindungi jok asli mobil dengan tanpa mengeluarkan biaya yang terlalu mahal. Namun tentunya, ada harga ada kualitas. Material ini cocok digunakan untuk pemakaian cover jok untuk jangka waktu tidak terlalu lama. (*/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News