Sosialisasi Wawasan Kebangsaan
Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa saat menghadiri sekaligus membuka Sosialisasi Wawasan Kebangsaan bagi Kepala Kewilayahan dan Kepala Dusun/Kepala Lingkungan se-Kecamatan Denpasar Selatan di Hotel Grand Palace, Sanur, Senin (6/11/2023). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sebanyak 106 Kepala Kewilayahan dan Kepala Lingkungan se-Kecamatan Denpasar Selatan (Densel) diberikan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan. Kegiatan yang dilaksanakan guna mendukung terciptanya optimalisasi pelayanan berdasarkan nilai kebangsaan ini dibuka Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa di Hotel Grand Palace, Sanur, Senin (6/11/2023).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kadis DPMD Kota Denpasar, I Wayan Budha, OPD terkait di lingkungan Pemkot Denpasar serta undangan lainya. Kegiatan ini juga turut menghadirkan narasumber yang terdiri dari unsur Inspektorat Kota Denpasar, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Denpasar, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Denpasar serta Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Denpasar.

Camat Denpasar Selatan, I Made Sumarsana dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan Sosialisasi Peningkatan Wawasan Kebangsaan di Kecamatan Denpasar Selatan merupakan upaya pembinaan dan pengawasan terhadap Kepala Lingkungan dan Kepala Dusun/Kepala Lingkungan se-Kecamatan Denpasar Selatan.

Lebih lanjut dijelaskan, sasaran dari kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi Kepala Kewilayahan dan Kepala Dusun/Kepala Lingkungan yang merupakan tonggak pelayanan yang berhubungan dengan masyarakat. Sehingga melalui peningkatan wawasan kebangsaan ini diharapkan ke depannya dapat memberikan pelayanan terbaik yang didasarkan pada nilai-nilai kebangsaan.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Buka Sosialisasi SPM Kota Denpasar

“Adapun tujuan Sosialisasi Peningkatan Wawasan Kebangsaan di Kecamatan Denpasar Selatan yaitu menjaga dan mengimplementasikan wawasan kebangsaan untuk Memantapkan Pengamalan Pancasila, Pelaksanaan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahuan 1945, Pelestarian Bhineka Tunggal Ika serta Mempertahakan dan Memelihara Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Sumarsana.

Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa dalam sambutannya menjelaskan, Kota Denpasar saat ini memiliki total 389 orang Kepala Kewilayahan dan Kepala Dusun/Kepala Lingkungan yang tersebar di empat kecamatan. Tentunya hal ini diharapkan mampu mendukung terciptanya pelayanan yang optimal bagi masyarakat.

Baca Juga :  NPHD Sah Ditandatangani, Pemilukada Serentak di Bali Diharapkan Berjalan Kondusif dan Demokratis

“Saudara-saudara inilah salah satu tonggak pelayanan publik di Kota Denpasar, karena bersentuhan langsung dengan masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, selama lima tahun terakhir, terdapat lebih dari tujuh ribu pengaduan diterima melalui layanan Pro Denpasar. Dimana, pengaduan mengenai infrastruktur menempati posisi teratas dan di posisi kedua ditempati oleh pengaduan lingkungan.

Guna menindaklanjuti hal tersebut, kata Arya Wibawa, Pemerintah Kota Denpasar telah merancang skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) sebagai alternatif pembiayaan untuk beberapa rencana pembangunan. Yakni Pengadaan Lampu Penerangan Jalan Umum, Revitalisasi SPAM untuk layanan air minum, Revitalisasi RSUD Wangaya dan Pembangunan Jaringan Terpadu untuk penataan wajah kota.

Baca Juga :  Dinobatkan Sebagai Kota Lengkap oleh Kementerian ATR/BPN Sejak Tahun 2023, Kota Denpasar Siap Dukung Implementasi Sertifikat Elektronik

Arya Wibawa mengajak seluruh Kepala Kewilayahan dan Kepala Dusun/Kepala Lingkungan untuk terus berkontribusi dalam mendukung pembangunan di Kota Denpasar. Hal ini utamanya dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat.

“Penanganan sampah dan peningkatan infrastruktur tetap menjadi prioritas, dan kami berharap sinergi dan kolaborasi bersama Kepala Kewilayahan dan Kepala Dusun/Kepala Lingkungan untuk memberikan masukan, menyampaikan usulan pembangunan dan memberikan pelayanan publik bagi masyarakat sehingga bersama-sama kota wujudkan Denpasar sebagai Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju,” ujarnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News