Gong Kebyar
Penuh Antusias, Rai Wahyuni Sanjaya Buka Lomba Gong Kebyar Wanita. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Dengan penuh antusias dan semangat yang tinggi, Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, S.H., M.M., menyaksikan Lomba Gong Kebyar Wanita, Rangkaian HUT ke-530 Kota Tabanan, sekaligus membuka dan memberikan sambutan dalam giat yang diramaikan oleh ribuan penonton. Lomba Gong Kebyar ini diikuti oleh para Wanita bertalenta di seluruh Kabupaten Tabanan dan digelar di Gedung Kesenian I Ketut Maria Tabanan, Sabtu (18/11/2023).

Kegiatan Lomba juga dihadiri langsung oleh Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M., yang nampak memberikan apresiasi yang sangat baik dalam kegiatan ini. Saat itu juga hadir, Anggota DPRD Kabupaten Tabanan, Sekda beserta para Asisten, Para Kepala OPD, Kepala Bagian dan Camat se-Kabupaten Tabanan, Para Pengurus TP PKK Kabupaten Tabanan, Ketua LIstibiya, Dewan Juri Wimbakara Lomba, Bendesa Adat Kota Tabanan dan Para Perbekel se-Kabupaten Tabanan dan undangan lainnya.

Baca Juga :  ‘Pemprov Bali Hadir’ Bantu Dua Warga Kurang Mampu di Baturiti

Ny. Rai Wahyuni Sanjaya di malam itu, nampak sangat berbangga atas tingginya nilai kesenian yang dijunjung oleh para wanita hebat dan bertalenta di Tabanan. pihaknya merasa yakin, bahwa kemampuan Wanita dalam berkesenian, khususnya kesenian Gong Kebyar, tidak boleh dipandang sebelah mata. Tidak salah pihaknya menginisiasi kegiatan ini, melihat begitu tingginya animo peserta dan masyarakat. Seperti yang disampaikan Bupati Sanjaya saat itu, sangat mengapresiasi peran Wanita hebat Tabanan dalam melestarikan kesenian, khususnya Gong Kebyar.

“Jadi seni Gong ini tidak hanya bisa dimainkan oleh laki-laki pada umumnya, tapi Wanita juga dan di semua usia. Tadi bisa dilihat dari yang muda sampai yang senior semuanya nampak antusias mengikuti lomba, luar biasa sekali. Ini suatu gebrakan yang digagas langsung oleh Ibu Bupati dan saya selaku kepala Daerah sangat mengapresiasi,” ucap Sanjaya, sekaligus berharap kegiatan ini bisa terus berlangsung dan dilestarikan kedepannya.

Baca Juga :  Bupati Tabanan Dukung Prestasi Generasi Emas Bersinar di Bidang Olahraga

Sebagai inisiator, Bunda Rai memberikan uang pembinaan sebesar 10 Juta rupiah bagi masing-masing sekaa. Sembari menjelaskan, Gong Kebyar sendiri merupakan jenis Gamelan yang tergolong baru berkembang dan sangat populer serta tersebar hampir di seluruh pelosok pulau Bali. Tidak terkecuali bagi para wanita yang ingin menunjukkan eksistensi dirinya dalam berkesenian. Dimana dalam perjalanannya, Gong Kebyar juga banyak dipentaskan dalam berbagai event, salah satunya dalam event besar Pesta Kesenian Bali.

“Kami selaku ketua TP PKK Kabupaten Tabanan, memandang perlunya didorong sebuah kegiatan yang mampu menjadi wadah bagi ibu-ibu, guna menuangkan jiwa berkeseniannya dalam bentuk lomba Gong Kebyar Wanita. Pada malam ini, kita bersama-sama akan menyaksikan kepiawaian dari para Wanita atau ibu-ibu yang ada di Kabupaten Tabanan untuk menari dan menabuh Gamelan Gong Kebyar yang secara teknis, menabuh itu boleh dikatakan cukup rumit,” paparnya saat menyampaikan sambutannya.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Apresiasi Semangat Membangun Krama Banjar Bongan Pala

Setelah semua Duta Kecamatan menampilkan kepiawaiannya memainkan alat musik, Dewan juri memilih Seka Gong Kebyar Wanita Tri Yowana Sandhi, Desa Baturiti, Duta Kecamatan Kerambitan dengan nilai 759 sebagai Juara ke-3, Sekaa Gong Wanita Giri Swari Kencana, Desa Batannyuh, Duta Kecamatan Marga dengan nilai 769 sebagai Juara 2 dan Sanggar Haridwipa Gamelan Group, Banjar Tegal Belodan, Desa Dauh Peken, Duta Kecamatan Tabanan tampil sebagai pemuncak lomba dengan nilai 785.

Sebelumnya, I Made Yudiana selaku Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten melaporkan, bahwa lomba Gong Kebyar malam itu diikuti oleh peserta sekaa dan sanggar dari seluruh Kecamatan di Tabanan yang berjumlah 10 kelompok sebagai perwakilan masing-masing Kecamatan. Pihaknya menghaturkan banyak terima kasih ke hadapan Bapak Bupati dan Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan atas prakarsa dan pembinaan yang telah diberikan, sehingga lomba dapat berjalan lancar dan sesuai dengan rencana.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News