Kebakaran
Proses pemadaman api yang membakar seluruh gudang rongsokan milik Suwito di Banjar Dinas Mekarsari, Desa Patas, Kecamatan Gerokgak, Buleleng. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Peristiwa kebakaran menimpa gudang rongsokan di Dusun Mekarsari, Desa Patas, Kecamatan Gerokgak, Buleleng Sabtu (18/11/2023) sekitar pukul 14.25 WITA. Berdasarkan informasi yang berhasil didapatkan dari pihak berwajib jika kuat dugaan kejadian tersebut bersumber dari api yang berasal dari puntung rokok.

Kapolsek Gerokgak, Kompol Gusti Nyoman Sudarsana menerangkan kebakaran gudang rongsokan milik Suwito,62, tersebut berawal dari salah satu pekerja bernama Komang Ramia Ariasa,25, sekitar pukul 14.15 WITA memotong besi tua. Kemudian sekiranya pukul 14.25 saksi mendengar ada suara jatuh sekitar lima meteran dari posisinya memotong besi.

Baca Juga :  Tersenggol Bus di Pemuteran, Satu Orang Dinyatakan Meninggal Dunia

Penasaran saksi lantas mengecek sumber suara, namun saksi malah melihat api yang sudah membesar. Sontak saksi langsung memanggil pekerja lainnya bernama Kadek Widiasa,27, sembari mengambil air dari tower yang berada didepan rumah korban atau pemilik gudang lalu menyemprot menggunakan selang.

Namun api justru tidak bisa dipadamkan lantaran sudah terlanjur membesar, sontak salah satu pekerja lainnya menghubungi aparat desa setempat untuk menelpon Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Damkar PLTGU. Akhirnya sekitar pukul 15.40 WITA petugas pun datang untuk memadamkan kebakaran dan sekitar pukul 17.30 WITA api telah berhasil dipadamkan.

Baca Juga :  Manfaatkan Mobile IP Clinic, Buleleng Akan Daftarkan Cipta Karya Daerah

“Api begitu cepat membesar karena barang- barang di gudang mudah terbakar, memang sempat ada upaya pemadaman dari para pekerja disana. Namun karena api terus membesar maka pemadam kebakaran gabungan datang dan api baru padam sekiranya pukul 17.30 WITA,” ungkap dia.

Adapun akibat kebakaran gudang berukuran 6×10 meter serta berukuran 4×15 meter itu kerugian diperkirakan mencapai Rp 800 jutaan dengan rincian barang terbakar seperti barang-barang bekas berupa kardus, kertas, botol air mineral tanggung, botol oli, rangka sepeda gayung, rangka motor, dan rongsokan lainnya. Kemudian dua unit timbangan, satu unit timbangan meja, mesin frees kardus, dan sebuah sepeda motor Suzuki tornado.

Baca Juga :  Pj Bupati Buleleng Harap Warga Eks Transmigran Tim-Tim Kawal Percepatan Pensertipikatan Lahan Pekarangan di Desa Sumberklampok

Polisi pun sempat melakukan tindakan berupa mendatangi TKP serta melakukan interogasi terhadap sejumlah saksi dan dugaan sementara penyebab kebakaran diperkirakan bersumber dari punggung rokok yang dibuang sembarangan.

“Anggota sempat melakukan sejumlah tindakan di TKP, akan tetapi pemilik gudang telah mengikhlaskan kejadian kebakaran tersebut dan sudah menganggapnya sebagai sebuah musibah dan tidak menaruh curiga kepada siapa-siapa,” pungkas Kompol Sudarsana.(dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News