TPG
Pemkab Jembrana Cairkan TPG Guru Rp8,6 Miliar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Para guru di Kabupaten Jembrana tampak sangat berbahagia. Pasalnya, Tunjangan Profesi Guru (TPG) Triwulan III bagi para guru yang telah tersertifikasi sudah mulai dicairkan.

Total anggaran untuk TPG Triwulan III di Kabupaten Jembrana sebesar Rp8.668.269.900,00 atau lebih dari dari Rp8,6 miliar. TPG tersebut diserahkan Bupati Jembrana, I Nengah Tamba secara simbolis kepada Ketua PGRI kabupaten Jembrana, Rabu (15/11/2023) di kediaman Bupati Jembrana.

TPG sendiri, diberikan oleh Pemerintah Pusat kepada para guru secara khusus sebagai bentuk penghargaan atas profesionalitasnya.

Selain para guru, dalam penyerahan tersebut turut hadir juga Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikpora) Jembrana, I Gusti Putu Anom Saputra dan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jembrana, I Komang Wiasa.

Baca Juga :  Pasar Umum Negara Sebagai Pusat Niaga dan Ikon Wisata

Kepala BPKAD Jembrana, I Komang Wiasa mengatakan pihaknya memiliki tugas untuk memantau pengelolaan keuangan baik itu yang anggarannya bersumber daerah maupun dari pusat.

“Hari ini kondisi keuangan pemerintah kabupaten cukup sehat, urusan dana pusat yang ditransfer langsung ke sekolah seperti dana BOS, DAK non fisik itu memang langsung ke sekolah-sekolah, kita hanya memantau tata kelola keuangannya saja,” ujarnya.

Sama halnya seperti TPG, kata Komang Wiasa, setelah semua persyaratan terpenuhi maka pencairan segera dapat dilaksanakan. Bahkan, pihaknya mengaku pencairan dapat dilakukan kurang dari seminggu.

“Termasuk juga TPG, ketika sudah dicairkan dari pusat maka tidak sampai seminggu ketika semua persyaratan penyaluran selesai pasti segera disalurkan,” tegasnya.

Selain itu, Komang Wiasa juga mengatakan Pemerintah Kabupaten Jembrana berupaya untuk merealisasikan hak-hak para guru tepat waktu.

“Bapak Bupati tentunya ingin mempercepat hak-hak para guru agar mereka bahagia,” tandasnya.

Bupati I Nengah Tamba berharap apa yang diterima oleh para guru dapat digunakan secara bijak baik untuk keluarga maupun meningkatkan kualitas pembelajaran yang diberikan kepada para siswa.

Baca Juga :  Hanya Tiga di Indonesia, RMU Tibu Beleng Diuji Coba 

“Mohon dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya apa yang didapat, dan semoga bermanfaat untuk keluarga dan pendidikan,” ujarnya.

Disisi lain, Ketua PGRI Jembrana, I Ketut Marhendra mewakili para guru di Kabupaten Jembrana sangat berbahagia karena hak-hak para guru dapat diterima. Pihaknya menyampaikan terima kasih, atas dukungan Pemerintah Kabupaten Jembrana sehingga TPG dapat direalisasikan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati dan jajaran Pemkab Jembrana yang sudah membantu kami  berupa pencairan TPG,” ucapnya.(ang/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News