sekolah
Pemkab Buleleng Tetapkan 32 Sekolah Adiwiyata Kabupaten Tahun 2023. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Pemerintah Kabupaten Buleleng menetapkan sebanyak 32 sekolah tingkat SD dan SMP sebagai Sekolah Adiwiyata Kabupaten Tahun 2023. Penetapan dan pemberian sertifikat Sekolah Adiwiyata dilakukan di Rumah Jabatan Bupati Buleleng, Selasa (28/11/2023)

Suyasa menyampaikan bahwa program adiwiyata ini pada prinsipnya adalah menjadikan lembaga formal yakni sekolah menjadi penguat implementasi pola hidup bersih. Adiwiyata ini termasuk hingga penataan halaman, pemenuhan kriteria kebersihan, hingga memenuhi standar sanitasi sekolah. Dirinya mengharapkan lebih banyak sekolah di Kabupaten Buleleng bisa mendapatkan predikat Sekolah Adiwiyata ke depannya.

Baca Juga :  Dipecat Jadi Polisi, Kadek Beralih Profesi Jadi Maling Motor

“Dengan harapan jika sekolahnya semakin banyak masuk kategori adiwiyata, maka tentu sekolahnya akan makin bersih. Pola hidupnya juga makin bersih. Dan edukasinya semakin baik,” kata dia.

Konsep Sekolah Adiwiyata juga menyangkut tentang bagaimana edukasi dan penanaman pola hidup bersih dan cinta lingkungan bisa diwujudkan dengan keterlibatan langsung murid-murid. Sehingga, pengetahuan yang dimiliki tersebut dipraktekkan. Dan implementasinya bisa dilihat dari bagaimana hasil adiwiyata itu sendiri. Dengan predikat Sekolah Adiwiyata Kabupaten yang telah diraih, Suyasa mengharapkan bahwa setiap sekolah bisa meningkatkan levelnya. Baik ke Sekolah Adiwiyata Provinsi hingga Mandiri.

Baca Juga :  Buleleng Terima Dana Hibah dari Pemkab Badung Senilai Rp11 Miliar Lebih

“Maka kalua levelnya itu naik ke provinsi pasti kualitasnya lebih baik. Naik lagi ke nasional lebih baik lagi. Terakhir ke tingkat mandiri. Kalau sudah mandiri pasti nyaman sekali di sekolah. Sebagai media untuk Pendidikan interaksi antar warga sekolah akan sangat bagus,” paparnya.

Sekolah Adiwiyata Kabupaten ini merupakan kerja bersama dari Disdikpora dan Dinas LH. Dilaporkan oleh Kepala Dinas LH Gede Melandrat, pada awalnya ada sebanyak 34 salon Sekolah Adiwiyata Kabupaten Tahun 2023. Setelah verifikasi dan penilaian, dinyatakan sebanyak 32 sekolah memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai sekolah adiwiyata kabupaten tahun 2023 melalui Keputusan Bupati Buleleng. Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya, yakni 24 Sekolah Adiwiyata Kabupaten di Tahun 2022. Hingga saat ini, Kabupaten Buleleng telah memiliki 6 Sekolah Adiwiyata Mandiri, 12 Sekolah Adiwiyata Nasional, 22 Sekolah Adiwiyata Provinsi, dan 75 Sekolah Adiwiyata Kabupaten.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News