Kirab Merah Putih
Kirab Merah Putih, Meriahkan Peringatan Hari Pahlawan dan Sumpah Pemuda di Kota Denpasar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kirab Merah Putih memeriahkan peringatan Hari Pahlawan dan Hari Sumpah Pemuda di Kota Denpasar.

Acara yang melibatkan kurang lebih sebanyak 10.000 peserta ini turun ke jalan dengan mengusung Bendera Merah Putih sepanjang 1001 meter yang dimulai dari Lapangan GOR Ngurah Rai Denpasar hingga Lapangan Puputan Badung, I Gusti Ngurah Made Agung, Minggu (12/11/2023).

Ketua Panitia, Gusti Kade Sutawa saat ditemui mengatakan, pelaksanaan Kirab Merah Putih (KMP) ini diprakarsai oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo.

“Kirab Merah Putih ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di Denpasar dan Bali khususnya, serta pelaksanaan ini merupakan urutan yang ke-18 dilaksanakan di Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga :  Hari Ini AHASS Siaga Plus di Negara Siap Layani Pemudik

Lebih lanjut dikatakan, adapun peserta yang tergabung dalam pelaksanaan ini sebanyak kurang lebih 10.000 peserta. Meliputi siswa-siswi SMP, SMA, SMK di Kota Denpasar, organisasi masyarakat, Paskibraka, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemangku budaya adat nusantara, serta unsur TNI, dan Polri. Kegiatan ini mengambil start dari Gor Ngurah Rai dengan mengusung Bendera Merah Putih sepanjang 1001 meter, dan 7 Bendera Merah Putih dengan panjang 101 meter, 5.000 panji-panji dan satu simbolis Burung Garuda berukuran 5×5 meter.

“Tujuan dari pelaksanaan ini tentu untuk meningkatkan rasa kebangsaan guna menegakkan NKRI. Apalagi merah putih ini juga sebagai simbolis jati diri kita di Indonesia, sehingga diharapkan ke depannya pelaksanaan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan agar dapat meningkatkan rasa Nasionalisme Bangsa Indonesia,” pungkas Gusti Sutawa.

Baca Juga :  Peringatan Hari Otoda Nasional, Jaya Negara Menerima Dua Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha dan Nilai Tinggi EPPD

Sementara, salah satu peserta yang merupakan siswi dari SMPN 3 Denpasar, Putu Diandra Vidya Prameswari mengatakan, dengan dilaksanakannya Kirab Merah Putih ini memiliki makna penting dalam memupuk rasa cinta tanah air dan semangat patriotisme.

“Kami berharap seluruh siswa dan seluruh peserta yang tergabung dalam kegiatan ini ke depannya dapat meningkatkan rasa cinta tanah air,” ujarnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News