Unud
Kemdikbudristek Selenggarakan Perstour Program Indonesia Pintar Pendidikan Tinggi dan Afirmasi Pendidikan di Unud. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan dan Biro Kerja Sama Hubungan Masyarakat (BKHM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, menyelenggarakan Perstour Program Indonesia Pintar (PIP) Pendidikan Tinggi dan Afirmasi Pendidikan (ADik) Tahun 2023 dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Universitas Udayana (Unud) menjadi salah satu tempat pelaksanaan Perstour tersebut dan telah menyiapkan mahasiswa yang akan menjadi narasumber dalam kegiatan dimaksud.

Perstour ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan mempublikasikan PIP Pendidikan Tinggi dan ADik secara lebih luas. PIP Pendidikan Tinggi dan ADik sebagai salah satu Program Prioritas Nasional terus bersinergi dengan program-program serupa dari sumber pembiayaan Pemerintah Daerah Provinsi dan kabupaten/kota.

Rombongan Perstour yang dipimpin oleh Seno Hartono selaku Ketua Pokja Layanan Kerja Sama Luar Negeri Biro Kerja Sama dan Humas diterima oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unud Prof. I Ketut Sudarsana didampingi Kepala BKM bertempat di Ruang Nusa Gedung Rektorat Kampus Jimbaran, Rabu (15/11/2023). Adapun media yang turut hadir yakni dari Tempo, Jurnas, Medcom dan Sindo News.

Baca Juga :  Astra Motor Bali Edukasi Ormas Denpasar tentang Keselamatan Berkendara

Seno Hartono dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa  tahun 2023 ini memang dilakukan kunjungan ke daerah-daerah melihat praktik baik atas kebijakan yang sudah dikeluarkan salah satunya terkait dengan beasiswa yang diberikan oleh pemerintah dalam hal ini adalah Kemendikbudristek.

“Dimana ada KIP Kuliah, Afirmasi dan juga beasiswa KIP pada Pemerintah Daerah yang diberikan pada pendidikan dasar dan menengah. Disamping itu juga akan bertemu mahasiswa penerima manfaat untuk melihat apa ada kendala atau tidak,”ungkapnya.

Praktik baik yang diperoleh nanti akan disebarkan pada mahasiswa didaerah khususnya yang terkendala dalam perekonomian sehingga memiliki pemikiran positif bahwa disini negara hadir untuk memberikan beasiswa tapi juga harus tahu bagaimana cara mengakses beasiswa tersebut.

Oleh sebab itu pihaknya mengajak rekan-rekan wartawan berkeliling seluruh Indonesia untuk melihat kondisi dilapangan. Melalui kesempatan ini akan dibuka forum diskusi antara rekan-rekan media dengan pihak Universitas Udayana terkait praktik baik pelaksanaan beasiswa dimaksud.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unud Prof. I Ketut Sudarsana dalam kesempatan tersebut memberikan gambaran secara umum terkait pengelolaan beasiswa dimaksud di Universitas Udayana. Melalui kesempatan tersebut Wakil Rektor juga memberikan apresiasi kepada Kementerian yang telah memberikan dukungan beasiswa pada mahasiswa yang belajar di Universitas Udayana.

Baca Juga :  Desa Tegal Kertha Gelar Pendataan Penduduk, Nihil Pelanggaran Adminduk

“Sehingga mahasiswa yang memiliki potensi yang baik namun memiliki masalah dari sisi ekonomi bisa juga untuk mengenyam pendidikan tinggi berkat dukungan dari pemerintah baik melalui KIP maupun yang lainnya,” ungkapnya.

Wakil Rektor berharap konsistensi dari pembiayaan beasiswa ini dapat dipertahankan karena sangat membantu sekali dalam upaya pengembangan SDM terutama bagi anak-anak kita yang memiliki kemampuan namun memiliki masalah dalam sisi ekonomi.

Dalam Perstour ini dilakukan sesi wawancara Wartawan dengan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unud dan juga mahasiswa penerima manfaat terkait beasiswa KIP Kuliah dan ADik. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News